Gampang Didapat, 5 Bahan Alami Ampuh Obati Sariawan

ilustrasi gula, garam, kayu manis
Sumber :
  • Pixabay/ ulleo

VIVA – Sariawan kerap disepelekan karena ukurannya yang kecil dan tak terlalu menghambat aktivitas. Meski begitu, sariawan yang timbul bisa memengaruhi pola makan sehingga asupan nutrisi bisa menurun.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Pakar Kulit dan Kecantikan, dr. Eklendro Senduk D.AAAM,M.Ks, mengatakan bahwa sariawan sebenarnya sangat mudah diatasi dengan beragam bahan alami di rumah. Terlebih, bahan-bahannya mudah ditemukan dengan harga terjangkau. Berikut rangkumannya dikutip dari acara Hidup Sehat tvOne.

Garam

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari

Air garam bisa sebagai antiseptik mulut. Sebab, salah satu pemicu sariawan adalah jamur atau bakteri. Sehingga pemakaian garam, bisa membasminya. 

"Garam secukupnya lalu campur pakai air, lalu kumur satu menit. Sesering mungkin, agar juga menghilangkan bau mulut," kata dokter Eklendro.

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Lemon

Perasan lemon juga ampuh sebagai antiseptik, guna membunuh bakteri yang hinggap di mulut. Cukup peras 2-3 iris lemon, lalu tambah air secukupnya, kumur hingga 2 menit. 

Madu

Ambil madu dengan jari atau sendok, lalu oleskan di bagian yang sariawan. Oleskan sebanyak 3-5 kali sehari atau sesering mungkin. Madu mengandung antioksidan sehingga sangat baik dalam proses penyembuhan luka.

Cengkeh

Jarang yang tahu bahwa cengkeh mampu mengatasi bau mulut dan sariawan yang membandel. Caranya pun mudah, seduh cengkeh dengan air hangat selama lima menit, lalu gunakan teh cengkeh itu untuk kumur. Cengkeh sendiri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk menyembuhkan luka.

"Jika tidak sembuh-sembuh di tempat yang sama, waspadai, bisa jadi gejala penyakit tumor atau kanker," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya