5 Alasan Perempuan Lebih Terlindungi dari COVID-19 Dibanding Pria

Mengenakan masker
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Virus corona atau COVID-19 adalah penyakit yang menyerang orang-orang dari segala usia, jenis kelamin. Namun, tingkat keparahannya dapat bergantung pada faktor-faktor termasuk tingkat kekebalan Anda dan dengan cara tertentu, jenis kelamin dan jenis kelamin.

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Dari sekian banyak penelitian yang telah dilakukan selama beberapa bulan terakhir, teramati bahwa perempuan cenderung menderita kasus COVID-19 yang tidak terlalu parah, dan lebih cenderung memiliki angka kematian yang rendah pula. 

Pandemi di masa lalu juga menawarkan wanita keuntungan bertahan hidup yang lebih baik daripada pria, karena berbagai faktor - yang menyiratkan bahwa pria, mungkin sebenarnya adalah jenis kelamin yang lebih lemah di sini.

Kumpulan Kata-kata Inspiratif untuk Memperingati Hari Kartini

Dan kini, berkat penemuan baru, para ilmuwan medis baru-baru ini mengidentifikasi jejak protein yang memiliki kemampuan untuk melindungi wanita lebih baik daripada pria dalam kasus COVID-19, demikian dilansir dari Times of India.

Sementara reseptor ACE2, yang merupakan sel protein COVID-19 yang menyebabkan SARS-COV-2 mengikat dirinya sendiri adalah salah satu alasan utama mengapa wanita cenderung memiliki kasus COVID-19 yang kurang serius, jawabannya mungkin juga terletak pada mereka. susunan genetik dan banyak keuntungan evolusioner yang mungkin mereka miliki. Berikut ini penjelasannya: 

Ada Luka di Dada hingga Leher pada Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari

Imun yang lebih kuat

Reseptor ACE2 adalah sejenis enzim manusia yang diikat oleh SARS-COV-2 dan kemudian mulai bereplikasi. Ia juga menawarkan perlindungan kunci terhadap beberapa jenis komplikasi kardiovaskular dan paru.

Sekarang, berkat campuran unik kromosom dan hormon yang ada di tubuh wanita, penelitian menunjukkan bahwa wanita mungkin memiliki dua kali lipat jumlah reseptor ACE2 di tubuh, yang memberi mereka peluang lebih kecil untuk tertular COVID-19. 

Studi yang dipimpin oleh peneliti utama dari University of Alberta, menemukan bahwa reseptor ACE2 yang lebih tinggi memungkinkan sistem untuk menyaring virus, dan memanipulasi level untuk melindungi tubuh, hingga batas tertentu.

Dibandingkan dengan ini, beberapa penelitian juga menemukan bahwa pria tidak hanya mengandung lebih sedikit, lebih rentan reseptor ACE2, membuat mereka rentan terhadap risiko infeksi tetapi juga mengandung banyak reseptor ACE2 di dekat sistem reproduksi mereka.

Namun, sayangnya, membuat mereka rentan terhadap disfungsi ereksi dan masalah kesuburan lainnya, yang juga dapat berubah menjadi gejala pasca COVID. Baca lebih lanjut tentang gejalanya di sini

Selain itu, wanita mungkin juga memiliki banyak keuntungan lain yang diberkati secara genetik, yang secara mengejutkan menempatkan mereka pada risiko COVID-19 yang lebih rendah.

Bagaimana kromosom 'X' ekstra dapat melindungi perempuan

Studi independen yang dilakukan di AS menemukan bahwa keuntungan memiliki tambahan kromosom 'X' membuat wanita tidak terlalu berisiko terhadap dampak COVID-19. 
Temuan penelitian juga mendorong para peneliti untuk memulai uji klinis di mana pria diberi estrogen untuk melihat apakah itu memberi mereka manfaat yang menjanjikan dalam mencegah COVID-19. 

Faktanya, sebuah studi yang dilakukan oleh Wake Forest Baptist Medical Center di AS menemukan bahwa kadar estrogen yang tinggi mampu menurunkan kerja reseptor ACE2 dan mencegah COVID dari replikasi di dalam tubuh.

Kebiasaan psikologis perempuan berbeda dengan pria

Faktor non-fisiologis juga dapat memengaruhi kemungkinan Anda jatuh sakit. Di banyak tempat, pria lebih mungkin terpapar pekerjaan luar ruangan daripada wanita, yang juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan terkait polusi. Alasan lain bisa jadi karena perilaku mereka sendiri. 

Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa pria lebih cenderung terlibat dalam pertemuan sosial, pergi ke tempat-tempat dengan risiko penyakit yang lebih tinggi dan bahkan mengabaikan pesan dan peringatan pencegahan, yang dapat merugikan perang melawan COVID-19. 

Pria cenderung menunda perawatan

Pria juga lebih cenderung menunda mendapatkan perawatan kesehatan yang tepat atau mengabaikan gejala awal, yang dapat menyebabkan keparahan dan komplikasi di masa depan.

Lebih cenderung menghindari, menunda pengujian Pengujian COVID-19 adalah cara yang baik untuk membasmi virus dan mengambil tindakan pencegahan tepat waktu. 

Meskipun ada banyak kesadaran yang dihasilkan untuk hal yang sama, statistik menunjukkan bahwa wanita, lebih daripada pria, cenderung lebih berhati-hati tentang peringatan dan strategi pengujian, memperhatikan gejala dan tidak menganggap enteng tanda-tanda keparahan penyakit.

Beban komorbiditas mengurangi stres pada perempuan

Meskipun penyakit dan komorbiditas yang sudah ada sebelumnya merupakan faktor penentu besar dalam kasus COVID, ini juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa wanita memiliki kasus yang tidak terlalu parah.

Tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung, beberapa faktor paling umum yang membuat COVID lebih berisiko lebih umum terjadi pada pria. Faktor penyebab seperti merokok, minum minuman keras dan penggunaan tembakau juga lebih marak di kalangan pria.

Meskipun tidak ada bukti konklusif yang menunjukkan hal ini, ini pasti bisa menjadi salah satu faktor yang terkait dengan tingkat keparahan COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya