Resep Herbal Murah, Ampuh Atasi Batuk dan Flu di Musim Hujan

Jahe
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Musim hujan kerap disertai perubahan suhu lingkungan sehingga memicu tubuh rentan mengalami penurunan imunitas tubuh. Tak sedikit yang akhirnya terserang virus hingga rentan terhadap batuk dan flu. Lantas, bagaimana penanganannya?

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Batuk dan flu yang mengintai ini biasanya dapat menghambat aktivitas. Bahkan, pola makan ikut terganggu dengan adanya penurunan kondisi tersebut.

Dituturkan Ahli Herbal, Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, MSi, batuk dapat disebabkan oleh banyak virus dan bakteri dengan durasi yang berbeda-beda. Sementara, kondisi meriang yang biasanya juga timbul, merupakan salah satu gejala penyakit flu ringan.

Latar Belakang Sejarah Flu Singapura dan Cara Pencegahannya

Jika batuk dan flu tidak disertai demam dan sesak napas, sebenarnya dapat diatasi dengan cara-cara sederhana melalui ramuan herbal. Seperti apa ramuannya? Berikut rangkumannya berdasarkan paparan dr. Inggrid, dalam cara Hidup Sehat, TvOne, beberapa waktu lalu.

Khasiat tanaman herbal

Soal Flu Singapura, Menkes Singgung Virus Terus Berkembang

Dijelaskan dokter Inggrid, ada empat tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengatasi batuk dan flu, antara lain temulawak, jahe, kencur, dan adas. Khasiatnya sendiri berbeda-beda dan saling membantu satu sama lain.

Temulawak

Photo :
  • U-Report

Herbal ini mengandung senyawa aktif bersifat antiperadangan yakni kurkumin untuk atasi peradangan pada saluran pernapasan. Juga, membantu redakan demam, nyeri otot dan batuk

Jahe

Mengandung bahan yang bersifat antipredangan dan antioksidan. Tak hanya itu, kandungan di minyak atsiri jahe juga bersifat redakan demam, nyeri otot, nyeri kepala, dan redakan batuk.

Kencur

Photo :
  • vstory

Mengandung senyawa aktif yang dapat bantu redakan batuk kering dan berdahak karena bersifat antitusif serta meredakan frekeuensi batuk. Zat aktifnya juga bersifat mengencerkan dahak dan ekspektoran untuk mengeluarkan dahak.

Adas

Di herbal ini juga terdapat senyawa aktif yang bersifat antiperadangan. Adas bisa membantu meredakan gangguan pencernaan seperti kembung dan diare yang muncul saat influenza. Adas bersifat juga sebagai ekspektoran untuk bantu keluarkan dahak.

Cara membuat

Iris empat bahan tersebut dan sediakan jeruk nipis serta madu sebagai tambahan.

Masukan 200ml atau 1 gelas air, rebus hingga mendidih, masukan keempat bahan herbal itu sekitar 20gr temulawak, 30gr jahe, 10gr kencur, dan 5 gr adas. Rebus hingga 15 menit.

Tuang sambil disaring ke cangkir. Tambah madu dan jeruk nipis. Kedua bahan tambahan ini bersifat sebagai ekspektoran dan penambah kekebalan tubuh sehingga membuat gejala batuk dan flu mudah diatasi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya