Amankah Penderita Diabetes Memakan Jeruk, Ini Penjelasannya

Jeruk dan diabetes
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Orang yang menderita diabetes agak terlalu berhati-hati tentang apa yang mereka makan. Kadang-kadang sedemikian rupa sehingga mereka benar-benar menghindari makan makanan tertentu (yang manis-manis termasuk buah-buahan) untuk mengatur kadar gula darah mereka.

5 Dampak Buruk Jarang Scaling Gigi: Bisa Picu Penyakit Jantung hingga Diabetes

Alternatif terbaik untuk benar-benar menghindari makanan apa pun adalah memakannya dalam jumlah sedang. Jeruk adalah buah yang disukai banyak orang.

Namun, jika Anda menderita diabetes, mungkin perlu membatasi diri untuk menikmati buah yang berair ini. Tapi apakah Anda memang perlu menghindari makan buah kaya vitamin C ini? Inilah kebenarannya dilansir dari Times of India.

5 Buah Manis yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes, Apa Saja?

Bisakah penderita diabetes makan jeruk?

Jawaban sederhananya adalah ya, penderita diabetes pasti bisa menikmati jeruk. Penderita diabetes dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya serat dan memiliki indeks glikemik sedang. Jeruk kaya serat dan GI-nya berkisar antara 40 -50. Selain itu, buah ini memiliki gula alami, yang sangat aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Namun Anda harus menahan diri untuk tidak mengonsumsi jus jeruk yang diproduksi secara komersial. Ini sering kali penuh dengan gula buatan dan pengawet, yang sangat tidak disukai orang yang menderita diabetes.

Sementara itu alasan lain mengapa penderita diabetes tidak boleh melewatkan makan buah super sehat ini, adalah sebagai berikut.

Photo :
  • Times of India

Meningkatkan kekebalan

Jeruk mengandung vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh. Musim dingin membuat tubuh kita rentan terhadap berbagai penyakit dan mengonsumsi makanan yang meningkatkan kekebalan dapat membantu mencegah penyakit musiman.

Baik untuk kesehatan jantung

Diet jantung sehat adalah kombinasi serat, antioksidan, dan vitamin. Jeruk memiliki semua kualitas ini dan dengan demikian menjaga kesehatan jantung. Ini juga membantu dalam mengelola gula darah dan kolesterol dalam tubuh.

Baik untuk kesehatan pencernaan

Serat berperan besar dalam kesehatan pencernaan. Serat membantu dengan meningkatkan kesehatan usus dan meningkatkan metabolisme. Jeruk adalah sumber serat yang kaya dan bagus untuk kesehatan pencernaan.

Ramah untuk menurunkan berat badan

Photo :
  • Times of India

Penurunan berat badan adalah salah satu pikiran semua orang. Jeruk rendah kalori dan karenanya menjadi camilan penurun berat badan yang sempurna.

Ramah diabetes

Jeruk kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik rendah, yang menjadikannya buah yang ramah bagi penderita diabetes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya