#TanyaDokter: Bagaimana Cara Mengobati Penyakit Sinus?

RSPI - dr. Rangga Rayendra Saleh, Sp.THT-KL
Sumber :
  • Dokumentasi RSPI

VIVA – Banyak orang seringkali menganggap sepele masalah hidung yang terus mengeluarkan cairan atau biasa disebut dengan istilah hidung meler. Tapi jika hal ini terus terjadi secara berkepanjangan, Anda wajib hati-hati. Karena itu bisa jadi gejala sinusitis atau sinus.

Wajah Caren Delano Diperban Usai Operasi di Korea Sampai Dihujat Netizen, Ada Apa?

Lewat #TanyaDokter, pembaca VIVA.co.id pun ada yang penasaran dan menanyakan, "Bagaimana cara mengobati penyakit sinus?"

Bersama dr. Rangga Rayendra Saleh, Sp.THT-KL yang merupakan Dokter Spesialis THT (Telinga, Hidung & Tenggorokan) – Bedah Kepala dan Leher yang berpraktik di RS Pondok Indah – Puri Indah, informasi seputar cara pengobatan penyakit sinus diungkapkan. Berikut jawabannya.

Benefits of Cold Shower and Hot Showers that People Should Know

Menurut dr Rangga, penyakit sinus bisa disebabkan oleh infeksi baik bakteri, virus, atau pun jamur. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh alergi yang berkepanjangan.

Lalum bagaimana cara menyembuhkan penyakit sinus?

Hidung Kesumbat dan Tulang Bengkok, Indra Bekti Jalani Operasi

Cara terbaiknya, menurut dr Rangga adalah dengan mengidentifikasi apa penyebabnya terdahulu. Baru kemudian diatasi sesuai dengan penyebabnya. Apabila penyebabnya karena bakteri, maka diberikan antibiotik.

Kalau penyebabnya virus, maka diberikan obat-obatan simptomatik. Namun, jika penyebabnya dikarenakan kelainan anatomi, maka bisa juga dilakukan pembedahan sinus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya