5 Mitos dan Stigma yang berhubungan dengan Kesehatan Mental

Kesehatan mental
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Kapanpun berbicara tentang kesehatan mental, ada berbagai hal yang muncul di benak kita, baik dan buruk. Kesehatan mental mengacu pada kesejahteraan kognitif, perilaku, dan emosional seseorang. 

Misteri 2 Ular Raksasa Sowan ke Makam Sunan Kalijaga, Dipercaya Sebabkan Banjir Demak

Ini sama pentingnya dengan kesehatan fisik orang tersebut. Sementara ada kesadaran yang berkembang tentang penyakit mental, ada beberapa stigma yang terkait dengannya.

Ada banyak kesalahpahaman, mitos dan stereotip yang terkait dengan penyakit mental. Bahkan saat ini, orang yang menderita penyakit mental dihakimi, dijauhi secara brutal. Berikut beberapa mitos yang berhubungan dengan penyakit mental dilansir dari Pinkvilla.

Menjaga Kesehatan Kulit, Pemahaman Lebih dalam tentang Psoriasis

Mitos 1: Orang dapat mengubahnya jika mereka mau

Meskipun sulit dipercaya, orang tidak dapat, tidak peduli seberapa keras mereka berusaha, keluar dari penyakit mental dalam sekejap. Penyakit mental memengaruhi otak dan membutuhkan perawatan yang tepat, baik itu pengobatan atau terapi atau keduanya.

Singgung Perilaku FOMO, Ini Tips Agar Keuangan Tidak Jebol Karena Pinjol

Mitos 2: Hanya penyendiri yang membutuhkan terapi

Diyakini bahwa jika seseorang memiliki teman, mereka tidak memerlukan terapi atau konseling apa pun karena mereka dapat berbagi apa pun yang mereka inginkan dengan teman-temannya. Kontradiksi, orang selalu takut dihakimi oleh teman-temannya, sedangkan terapis tidak akan pernah menilai Anda dan akan tahu bagaimana menangani emosi Anda.

Mitos 3: Penyakit mental tidak bisa diobati

Dengan perawatan dan perawatan yang tepat, seseorang yang menderita penyakit mental dapat disembuhkan. Meskipun seperti diabetes atau penyakit jantung, beberapa penyakit mental bertahan seumur hidup, kebanyakan dapat diobati dan orang-orang dapat hidup sukses dan produktif.

Mitos 4: Orang dengan penyakit mental perlu dimasukkan ke rumah sakit jiwa

Ini mungkin stigma paling umum yang terkait dengan penyakit mental. Masyarakat memandang orang-orang seperti itu sebagai orang yang tidak dapat diprediksi dan melakukan kekerasan. Namun sebaliknya, ada beberapa orang yang menderita gangguan jiwa karena peristiwa kekerasan yang menimpa dirinya. 

Photo :
  • VIVA/Dani Randi

Kebanyakan, orang dengan penyakit mental yang tidak terlalu parah tidak perlu dirawat di rumah sakit atau dipisahkan. Ini hanya kasus ketika orang tersebut mampu melukai diri sendiri atau merugikan orang lain.

Mitos 5: Ini hanyalah taktik mencari perhatian

Tidak ada yang akan 'memalsukan' penyakit mental. Ini adalah penyakit yang memengaruhi pikiran dan membutuhkan pengobatan dan tidak ada yang dengan sengaja ingin menderita penyakit mental.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya