Bahaya, Jangan Konsumsi Makanan Ini dengan Minuman Bersoda

Ilustrasi minuman ringan atau minuman bersoda.
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA – Salah satu perayaan yang identik dengan malam Tahun Baru adalah mengadakan pesta barbeque bersama keluarga. Namun jangan sampai terlena, sebab konsumsi makanan yang dibakar tidak serta merta baik untuk kesehatan. 

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

Apalagi jika dikonsumsi dengan minuman yang tidak sehat. Spesialis gizi klinik, dr. Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK, memperingatkan, konsumsi makanan yang dibakar sebaiknya tidak dibarengi dengan minuman bersoda.

Bukan hanya makanan yang dibakar saja, menurut dokter Feni, sebenarnya semua makanan memang tidak baik dikonsumsi berbarengan dengan minuman bersoda, terutama yang manis. Apa alasannya? 

10 Makanan yang Menjadi Favorit Nabi Muhammad SAW

"Karena pertama, kalau kita makan daging bakar sendiri kalorinya sudah tinggi dan dia tinggi akan lemak jenuh yang tidak sehat, bisa meningkatkan risiko kolesterol naik (LDL), dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung dan lain-lain," ujarnya dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne, Kamis 31 Desember 2020. 

Feni menyarankan, jika ingin mengonsumsi barbeque atau daging yang dibakar lainnya, lebih baik jangan disandingkan dengan minuman bersoda, karena bisa menambah asupan kalori harian kita. 

Biar Rendang, Opor dan Sayur Ketupatnya Gak Basi, Perhatikan Cara Pengolahan Santannya

"Dan ternyata minuman bersoda, ketika diminum berbarengan dengan makanan, ketika kita konsumsi terbentuk gas di lambung, dia bisa meningkatkan terbentuknya hormon rasa lapar, namanya hormon ghrelin," kata dia. 

Akibatnya, menurut Feni, saat kita mengonsumsi makanan tertentu dibarengi dengan minum-minuman bersoda, malah akan membuat nafsu makan jadi meningkat. 

"Jadi, kalau bisa konsumsinya berbarengan dengan air putih dan jangan lupa konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan juga untuk seratnya," tutup dr. Feni Nugraha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya