Alami 4 Hal Ini, Kamu Wajib Tes COVID-19

Ilustrasi batuk/TBC/virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik/drobotdean

VIVA – Deteksi dini lebih baik daripada timbul masalah di kemudian hari. Terlebih soal virus corona atau COVID-19 ini. Mengingat penyakit ini sangat menular, melakukan tes sesegera mungkin sangat disarankan saat kamu merasakan gejala yang dicurigai.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Menurut para ahli, berikut empat tanda pasti seseorang harus menjalani tes COVID-19, dilansir dari Times of India, Sabtu, 2 Januari 2021.

1. Mengalami gejala tidak biasa

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Pedoman ahli merekomendasikan untuk segera melakukan tes COVID-19 jika merasakan gejala-gejala seperti, demam lebih dari 2 hari, batuk kering atau pilek disertai batuk (terutama bila belum pernah terpapar), sesak napas, dan nyeri otot atau nyeri tubuh akut.

Selain itu, sakit kepala dan kedinginan, sakit tenggorokan, hilang indra penciuman dan perasa secara tiba-tiba, muntah, diare, dan menderita kelelahan, juga disarankan untuk menjalani tes COVID-19.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

2. Kontak dengan pasien COVID-19

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyarankan, salah satu orang yang harus dites COVID-19 adalah mereka yang kontak dekat dengan orang yang terinfeksi. Di mana orang tersebut menghabiskan waktu dengan pasien COVID-19 dalam jarak dekat selama lebih dari 15 menit, sebelum atau setelah 2 hari sebelumnya.

3. Ikut serta dalam aktivitas berisiko tinggi

Ini adalah langkah pencegahan yang perlu diingat saat Tahun Baru atau liburan. Jika kamu melakukan aktivitas berisiko tinggi, seperti menghadiri pesta, pernikahan, atau pertemuan berisiko lainnya, pertimbangkan untuk melakukan tes COVID-19.

4. Pernah pergi ke tempat dengan penularan tinggi

Jika kamu bepergian ke kota atau wilayah yang menjadi sarang infeksi, ingatlah bahwa kamu memiliki kemungkinan risiko infeksi yang lebih tinggi dan dapat membuat orang lain berisiko juga.

Untuk meyakinkan diri sendiri dan orang-orang yang dekat dengan kamu, sebaiknya lakukan tes COVID-19, terutama PCR, untuk menghilangkan ketakutan dan kekhawatiran.

Ingat, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya