Bisa Dicoba, Pengobatan Rumahan untuk Flu Ringan

Flu
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Musim pilek dan sakit tenggorokan telah tiba. Pilek biasa sangat umum, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), seseorang cenderung menderita flu biasa dua kali setahun. Meskipun flu biasa tidak menyakitkan, namun bisa membuat merasa tidak enak.

Suka Pake Viagra Biar Genjreng di Ranjang? Hati-hati, Bisa Mengancam Jiwa

Tidak ada obat untuk flu, tetapi ada beberapa pengobatan rumahan dan obat bebas yang dapat membantu mengobati gejalanya. Tetapi yang terbaik adalah mencoba pengobatan rumahan terlebih dahulu karena ini tidak memiliki efek samping. Berikut ini semua tentang flu biasa dan beberapa pengobatan rumahan sederhana untuk mengobatinya.

Ada banyak jenis virus yang dapat menyebabkan flu biasa, rhinovirus adalah penyebab paling umum. Virus masuk ke tubuh melalui mulut, mata, atau hidung. Ini dapat dengan mudah menyebar ketika seseorang yang sakit batuk, bersin atau berbicara.

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

Virus juga dapat menyebar melalui kontak tangan ke tangan atau dengan berbagi benda yang terkontaminasi seperti handuk, mainan, telepon, atau peralatan. Jika seseorang menyentuh mata, mulut dan hidungnya setelah terpapar, kemungkinan besar mereka tertular virus.

Gejala flu atau pilek muncul beberapa hari setelah Anda terkena infeksi. Berikut beberapa gejala flu biasa.

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya

Gejala seluruh tubuh; Kelelahan, kelelahan, menggigil, badan pegal, dada tidak nyaman, demam ringan dan kesulitan bernapas.

Gejala kepala; sakit kepala, mata berair, batuk, radang tenggorokan, batuk dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Gejala hidung; hidung tersumbat, hidung berair, tekanan sinus, hidung tersumbat, kehilangan penciuman atau pengecap, bersin dan cairan hidung berair.

Berikut ini pengobatan rumahan untuk menyembuhkan flu biasa dilansir dari Times of India.

Berkumur

Yang paling sederhana, berkumur dengan air hangat bisa langsung meredakan sakit tenggorokan. Anda bisa berkumur dengan satu sendok teh garam atau sejumput kunyit dalam segelas air hangat.

Anda juga bisa mencoba berkumur dengan jus lemon dan madu yang dicampur air hangat. Anda bisa menggunakan larutan kumur apa pun, tetapi pastikan airnya tidak terlalu panas karena bisa menyebabkan luka bakar.

Minum banyak cairan

Minum cukup cairan dapat mencegah dehidrasi dan juga mengencerkan lendir. Air adalah pilihan terbaik Anda untuk tetap terhidrasi dengan baik. Padahal Anda juga bisa menyesap hal lain seperti jus dan teh.

Photo :
  • Times of India

Anda dapat mencoba teh madu dan lemon karena dapat membantu meredakan hidung tersumbat dan juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Sup panas juga dapat meningkatkan drainase hidung dan mempermudah pernapasan.

Seseorang harus menghindari alkohol jika mereka sedang flu karena mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan dehidrasi.

Mengirup uap

Menghirup uap dari air panas dapat membantu mengurangi hidung tersumbat dan tekanan sinus. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menambahkan minyak esensial eukaliptus. 

Asosiasi Nasional untuk Aromaterapi Holistik menyarankan untuk menambahkan 4-7 tetes minyak kayu putih ke dalam air mendidih dan kemudian menghirup uapnya melalui hidung.

Istirahat

Tidur memberi istirahat pada tubuh dan membantu Anda sembuh. Saat tidur, tubuh membuat protein yang disebut sitokin, yang penting untuk melawan peradangan dan infeksi. Anda dapat mencoba untuk mendapatkan tidur ekstra untuk membantu tubuh melawan virus flu.

Bersin

Meniup hidung lebih baik daripada menghirup lendir kembali ke kepala Anda. Tapi pastikan untuk melakukannya dengan lembut dan tidak meniup terlalu keras. Hembusan terlalu keras dapat mengirim dahak pembawa kuman kembali ke saluran telinga Anda, yang dapat menyebabkan sakit telinga.

Teknik terbaik adalah dengan menekan jari pada salah satu lubang hidung sementara Anda meniup sisi lainnya dengan lembut.

Kapan perlu mencari pertolongan medis?

Anda dapat mencoba pengobatan rumahan ketika  menderita flu biasa tetapi jika Anda memiliki gejala berikut, Anda harus segera mengunjungi dokter.

- Jika mengalami demam lebih dari 101,3 F.

- Jika demam berlangsung lebih dari lima hari

- Tidak bisa bernapas dengan benar

- Jika mengalami sakit kepala, sakit tenggorokan parah atau nyeri sinus

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya