Kenali Penyebab Nyeri Sendi Saat Cuaca Dingin

Nyeri sendi
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Nyeri sendi mengganggu kita di semua musim tetapi menjadi intens dalam cuaca dingin. Apakah itu dipicu karena kondisi kesehatan seperti radang sendi, cedera, atau setelah berolahraga, itu paling menyakitkan di musim dingin. 

Pemilik Mobil Ini Niat Curhat karena Merasa Terzalimi Pengendara Lain, Eh Malah Kena Hujat

Sakit, kaku dan bengkak pada persendian dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang luar biasa dan dapat menghambat aktivitas harian Anda. Berikut ini sejumlah penyebab nyeri sendi saat musim hujan dan cuaca dingin datang dari laman Times of India.

Cuaca dingin dan nyeri sendi

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Photo :
  • Times of India

Tidak ada penyebab khusus nyeri sendi. Demikian pula, tidak ada alasan khusus mengapa itu paling menyakitkan di musim dingin. Ada beberapa teori yang terkait dengannya, menunjuk pada penyebab potensial yang berbeda.

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

Tekanan barometrik (tekanan udara) dapat memengaruhi persendian, tetapi kelembapan, curah hujan, dan suhu juga berperan di dalamnya. Beberapa penelitian telah dilakukan di masa lalu untuk menemukan hubungan antara nyeri sendi dan perubahan suhu, tetapi tidak satupun dari mereka yang dapat memberikan gambaran yang jelas. Ada beberapa teori yang mencoba menjelaskan alasannya.

Yang paling umum adalah bahwa orang yang menderita radang sendi dan masalah sendi lainnya mungkin sensitif terhadap perubahan tekanan barometrik. Hal ini bisa terjadi karena tulang rawan aus yang menjadi bantalan tulang di dalam sendi, yang akan menyebabkan saraf di tulang yang terbuka menangkap perubahan tekanan.

Teori lain adalah bahwa di musim dingin tubuh kita mulai menyimpan panas dan mengirim lebih banyak darah ke organ yang terletak di inti. Dalam keadaan seperti itu, pembuluh darah yang ada di lengan, kaki, bahu, sendi lutut menjadi kaku, menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan.

Bagaimana mencegah nyeri sendi di musim dingin

Cuaca dingin dikenal dapat meningkatkan kondisi kesehatan yang mendasarinya. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah diri sendiri adalah mengikuti beberapa kebiasaan sehat dan mencoba pengobatan rumahan, seperti berikut ini. 

Jaga diri tetap hangat

Mengekspos diri Anda pada cuaca dingin tidak hanya akan memperburuk nyeri sendi, tetapi juga akan meningkatkan risiko masalah terkait musim dingin lainnya. Jagalah agar diri Anda tetap hangat di musim ini. Kenakan pakaian hangat berlapis saat melangkah keluar.

Mandi parafin atau bantalan pemanas: Menerapkan lilin parafin pada persendian atau bantalan pemanas juga dapat membantu meredakan nyeri otot. Mereka mengeras pada kulit Anda dan tubuh Anda menyerap panas, yang dapat meredakan nyeri sendi.

Minum vitamin D 

Rendahnya tingkat Vitamin D dalam tubuh juga dapat meningkatkan sensitivitas Anda. Cobalah untuk meningkatkan asupan Vitamin D Anda dengan menghabiskan waktu di bawah sinar matahari setiap hari. Anda juga bisa menambahkan lebih banyak makanan kaya vitamin D ke dalam makanan Anda seperti okra, jamur, dan produk susu.

Usahakan otot jangan tegang

Photo :
  • Times of India

Jika Anda sudah mengalami masalah terkait persendian, cobalah untuk tidak memberikan tekanan ekstra pada otot tersebut. Hindari mengangkat benda berat atau aktivitas intens. Selain itu, jaga pola makan dan kebiasaan tidur Anda.

Pergi ke ahli ortopedi

Pengobatan alami dapat dengan mudah meredakan nyeri sendi. Jika tidak banyak membantu, bicarakan dengan ahli ortopedi atau fisioterapis Anda. Jangan abaikan kondisinya karena bisa semakin parah.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya