Infeksi pada Vagina, Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi vagina
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Salah satu masalah ginekologi yang paling umum pada wanita adalah keputihan yang berlebihan. Beberapa jumlah keputihan adalah normal pada kelompok usia reproduksi - hanya jika menjadi berlebihan, berbau tidak sedap, gatal atau berubah warna maka perlu perhatian.

Ini 6 Cara Buat Suami Bertahan di Atas Ranjang

Kandidiasis vagina yang juga disebut sariawan atau moniliasis vagina disebabkan oleh organisme mirip jamur yang disebut Candida albicans dan muncul dengan keputihan kental berwarna putih dan gatal pada perineum. Itu juga dapat menyebabkan senggama yang menyakitkan.

Biasanya terlihat setelah hubungan seksual, selama kehamilan, pada wanita dengan diabetes yang tidak terkontrol, atau setelah pemberian antibiotik atau dengan kebersihan perineum yang buruk dan kekebalan yang rendah. Sebagian besar waktu pasangan mungkin juga mengalami rasa terbakar atau gatal pada bagian pribadi setelah hubungan intim. 

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

Berikut ini cara mencegah infeksi vagina menurut Dr Karamjit Kaur, Konsultan - Ahli Obstetri dan Ahli Bedah Laparoskopi Gynaec, Rumah Sakit Fortis La Femme, Richmond Road, Bangalore dilansir dari Times of India.

1. Dimulai dengan kebersihan perineum yang baik- ini berarti menjaga kebersihan area intim Anda. cuci dengan air hangat dan jaga agar tetap kering. mencuci vagina yang dijual bebas, sabun keras, semprotan, parfum harus dihindari karena dapat mengubah keseimbangan flora normal di vagina

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

2. Setelah menggunakan kamar mandi, bagian pribadi harus dibersihkan dari depan ke belakang dan bukan sebaliknya, jika tidak organisme dapat masuk ke dalam vagina.

3. Penggunaan rutin pakaian dalam berbahan katun kering setiap hari –pakaian dalam sintetis tidak boleh digunakan secara rutin karena kain tidak dapat bernapas. Jangan pernah menggunakan pakaian dalam yang basah. Basah mengundang infeksi

4. Menggunakan kondom saat melakukan hubungan intim tidak hanya mencegah penyakit menular seksual tetapi juga kehamilan yang tidak diinginkan

5. Hindari minum obat yang tidak perlu tanpa resep- terutama antibiotik yang dapat mengubah flora vagina yang mendukung infeksi jamur.

6. Menjaga kesehatan yang baik dan berat badan ideal dengan pola makan yang sehat dan olahraga teratur mengembangkan kekebalan dan mencegah infeksi

7. Jika mengalami kondisi medis seperti diabetes mellitus, menjaga agar tetap terkendali dapat mencegah infeksi vagina.

8. Ketika pasangan mengalami infeksi di bagian pribadi, hentikan aktivitas seksual sampai sembuh. Jika mengalami gejala infeksi vagina, wanita tidak boleh merasa malu atau mencoba bersembunyi dan menderita secara diam-diam. Ini sangat bisa disembuhkan. 

Sebaliknya, pasangan harus menghubungi dokter mereka untuk mendapatkan bimbingan, perawatan, dan dukungan yang tepat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya