Daun Pepaya Jepang Ampuh Turunkan Gula Darah Diabetes, Ini Resepnya

Ilustrasi pengecekan diabetes.
Sumber :
  • Pixabay/TesaPhotography

VIVA – Daun Pepaya Jepang diketahui memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. Berbeda dengan daun pepaya pada umumnya, daun pepaya Jepang diketahui dapat mencegah kanker.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Selain itu, daun pepaya Jepang juga dapat menurunkan gula darah hingga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dalam program Hidup Sehat tvOne, Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania, Msi menjelaskan sederet manfaat daun pepaya Jepang, seperti berikut ini

Mencegah kanker

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Daun pepaya Jepang diketahui mengandung senyawa aktif yang bersifat antioksidan seperti vitamin A, C, E, mineral selenium yang semua bersifat antioksidan dan bersifat anti kanker atau mencegah pertumbuhan sel kanker. 

Mencegah hipertensi 

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Daun pepaya Jepang ini mengandung senyawa bersifat diuretik. Dalam penelitian senyawa dalam daun dapat menghambat enzim ace dan bersifat melindungi organ jantung. 

Baik untuk diabetes

Daun pepaya Jepang sudah banyak dikonsumsi sejak dahulu kala di berbagai negara untuk menurunkan kadar gula darah. Senyawa aktif dalam daun pepaya Jepang bersifat menghambat penyerapan glukosa ke dalam darah.

Menguatkan tulang dan otot

Daun pepaya Jepang diketahui mengandung mineral penting untuk kesehatan otot tulang saraf karena mengandung mineral kalsium kalium fosfor dan magnesium

Menyehatkan kulit dan kuku

Daun pepaya Jepang ini mengandung vitamin a, c, e dan mineral serta senyawa sifat antioksidan tangkal radikal bebas dan jaga kesehatan kulit dan kuku

Tania juga memberikan resep mengolah daun Pepaya Jepang untuk menstabilkan kadar gula darah. Ambil 4 cangkir air kemudian rebus dalam panci. Ambil daun pepaya ukuran besar sebanyak 2 lembar. Setelah itu, masukkan ke panci dan rebus selama 15-20 menit.

"Jangan kurang karena daun ini mengandung senyawa yang memproduksi asam sianida bersifat racun kalau tidak 15 menit. Dan tidak boleh lebih dari 20 menit karena dapat rusak kandungan nutrisi," jelas Tania.

Tania menambahkan, rebusan daun pepaya Jepang ini dapat dikonsumsi sebanyak 1-3 kali sehari. Namun, jika kondisi kadar gula naik, mengonsumsi rebusan daun pepaya Jepang ini bisa sebanyak 2-3 kali sehari. 

"Jika sedang mengonsumsi obat dokter beri jarak 2 jam dari konsumsi ini. Selain direbus manfaat didapatkan dengan masakan sayur misalnya dibuat sayuran bening atau tumus. Rebus dulu 15 menit," kata Tania.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya