Artis Pakai Face Shield, Dokter Tirta: Gak Ngefek dan Percuma

dr Tirta
Sumber :
  • Instagram/dr.tirta

VIVA – Guna mematuhi protokol kesehatan COVID-19, hampir semua artis yang tampil di stasiun televisi kini menggunakan face shield. Padahal, menurut banyak ahli dan medis, penggunaan face shield tanpa masker akan percuma.

Ini Sosok Artis dan Pendakwah Berinisial D yang Terlibat Kasus Korupsi Suami Sandra Dewi

Bahkan, tak sedikit selebriti yang menggunakan face shield ala kadarnya, dalam arti tidak menggunakannya dengan benar atau hanya dijadikan sebagai bandana. Tentu saja, hal ini sama sekali tidak akan melindungi diri dari virus corona.

Salah satu yang turut menentang penggunaan face shield tanpa masker ini adalah dokter relawan, Tirta Mandira Hudhi atau akrab disapa dr. Tirta.

Nikita Mirzani Ajak Perempuan Berani Sudahi Hubungan Toxic

Melalui akun Instagram, pria yang juga aktif sebagai influencer itu turut memberikan saran pada artis-artis yang hanya mengenakan face shield saja.

Intip Potret Outfit Para Artis di Hari Lebaran 2024, Pake Shimmer-shimmer Gak Ya?

"Saran saya buat artis yg mengisi acara, daripada pake faceshield, yowis ga usah pake sama sekali. Soale ga ngefek dan percuma. Dengerin podcast @dr_tompi. Bagus," tulis @dr.tirta di feed Instagram, dikutip VIVA, Senin 11 Januari 2021.

Tidak hanya itu, dokter nyentrik itu pun turut memberikan arahan lengkap jika mau tampil di TV, seperti melakukan swab rutin, termasuk mengecek protokol kesehatan yang benar di situs Kemenparekraf, jika tetap bandel tak mau memakai masker. 

1. Swab rutin. Silakan perform. Ga pake masker. Woke woke protokolnya cek @kemenparekraf.ri dan @kpipusat lengkap!
2. Abis perform > masker, cuci tngan, bersihkan studio
3. Hindari pemakaian faceshield," lanjut dia. 

Menurut Tirta, pemakaian masker tetap yang utama. Jika tetap bersikukuh hanya menggunakan face shield tanpa masker, Tirta menyarankan lebih baik dicopot saja.

"Saya yakin ini pasti mreka kepaksa pake krena disuru studio tv. Jdi yowis copot aja face shieldnya. Selalu clearkan penonton bahwa pemirsa ttp pake masker, bahwa kalian ga pake, tapi sudah swab antigen rutin, dan karena harus perform nyanyi, makanya gapake," kata Tirta. 

Tirta menganggap, aturan yang dibuat tersebut dianggap lucu karena tidak sesuai dengan protokol kesehatan yang sebenarnya untuk mencegah COVID-19. 

Namun, di akhir unggahan, Tirta turut mengatakan kalau postingannya ini jangan dibawa perasaan, karena ini murni untuk edukasi. 

"Kalo gini, kocak asli wkwkwkw. Jangan baper ye. Soalnya itu bener2 bisa jadi missleading," tutup dr. Tirta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya