5 Pengobatan Rumahan Paling Efektif untuk Atasi Diare

Diare
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Diare terjadi ketika sistem gastrointestinal Anda terganggu. Ini adalah masalah pencernaan yang biasanya terjadi karena virus atau bakteri. Hal ini menyebabkan buang air besar dan encer, kram perut, kembung dll dan biasanya hilang dengan sendirinya. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Tetapi dalam beberapa kasus, itu mungkin berlangsung lebih lama. Ini bisa disebabkan oleh infeksi virus, infeksi bakteri, air yang terkontaminasi atau keracunan makanan. Beberapa penyebab diare lainnya termasuk parasit, penyakit usus, reaksi terhadap antibiotik dan lainnya. Gejala diare termasuk kram perut, demam, kembung, buang air besar mendesak dan dehidrasi.

Diare umumnya terdiri dari tiga jenis. Yang pertama adalah diare akut dimana gerakan lepas dan berair berlangsung selama 2-3 hari dan tidak memerlukan pengobatan dan hilang dengan sendirinya. Jenis kedua dikenal sebagai diare persisten yang dapat berlangsung selama berminggu-minggu. Jenis terakhir adalah diare kronis yang berlangsung lebih dari empat minggu.

Ini Dia Keju Paling Berbahaya di Dunia, Sekali Makan Bikin Muntah Hingga Diare Berdarah

Terkadang pada kasus yang ekstrim, diare dapat menyebabkan komplikasi, kehilangan air dan elektrolit akibat feses yang encer dan encer, seperti pada kondisi gastrointestinal ini. Ini dapat menyebabkan dehidrasi parah. 

Gejala dehidrasi parah termasuk peningkatan denyut jantung, sakit kepala, pusing, kelelahan, selaput lendir kering, rasa haus meningkat, mulut kering, dan lain-lain.

Terpopuler: Ramalan Zodiak Taurus Hari ini, hingga Gejala Bahaya Diare

Gejala diare yang paling umum adalah dehidrasi karena seringnya buang air besar yang encer dapat menyebabkan kekurangan cairan dan elektrolit dalam tubuh seperti natrium dan klorida.  Berikut ini dilansir dari pinkvila, lima pengobatan efektif untuk atasi diare Anda. 

Minum campuran air  garam dan gula 

Oleh karena itu untuk mendukung pemulihan dari diare, cairan esensial perlu dikembalikan. Air minum adalah cara terbaik dan tercepat untuk rehidrasi. Anda juga bisa mencampur 1 liter air dengan ½ sdt garam dan 6 sdt gula dan meminumnya untuk rehidrasi.

Gula dan garam yang dicampur air akan membantu usus menyerap cairan. Hindari minum minuman ringan atau minuman berkafein, karena dapat memperburuk situasi.

Konsumsi makanan yang tepat

Makan jenis makanan yang tepat dapat membantu meredakan diare dengan segera. Konsumsi makanan rendah serat tetapi tinggi pati, yang tidak akan memperburuk keadaan dan akan mengencangkan feses. 

Makan makanan hambar yang mudah dicerna oleh tubuh. Ini termasuk oatmeal, kentang panggang, dada ayam, sup ayam, dll. Selain itu, Anda juga bisa makan wortel karena merupakan sumber pektin dan pisang yang menenangkan karena akan membantu memulihkan kalium yang hilang.

Probiotik

Photo :
  • Pixabay/ ponce_photography

Probiotik adalah bakteri hidup yang ada dalam makanan fermentasi dan yoghurt. Ini adalah mikroorganisme yang bermanfaat untuk sistem pencernaan dan melawan infeksi. 

Ini adalah sumber bakteri yang baik untuk usus dan saluran usus. Probiotik melindungi usus Anda dari patogen yang tidak diinginkan dan memastikan penyerapan nutrisi yang tepat.

Probiotik membantu meringankan gejala diare dengan memulihkan keseimbangan bakteri usus. Probiotik ada dalam makanan tertentu seperti keju cottage, cokelat hitam, zaitun, miso, kimchi, acar, keju tua, yoghurt, dll.

Minum teh

Photo :
  • Times of India

Minum teh tertentu seperti teh kamomil, teh jahe, teh hijau, teh lemon, dll. Dapat membantu mengurangi gejala diare. Teh kamomil dikenal karena efeknya yang menenangkan dan meredakan sakit perut. Teh ini kaya akan sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu membasmi parasit dan patogen berbahaya penyebab diare. 

Memiliki kombinasi myrrh, coffee charcoal, dan chamomile dapat membantu secara signifikan dalam mengobati diare akut yang disebabkan oleh peradangan saluran pencernaan.

Jahe telah digunakan sejak lama sebagai obat untuk berbagai masalah perut. Mengkonsumsinya dalam bentuk teh dapat meredakan gejala diare seperti sakit perut dan mual serta dapat membantu melancarkan pencernaan dan memperlancar aliran darah. 

Teh serai dikatakan bermanfaat bagi penderita diare karena lemon mengandung antioksidan dan senyawa kimia yang dapat membantu menyingkirkan bakteri dan virus penyebab diare.

Konsumsi teh hijau dapat membantu mengurangi gejala diare seperti sakit perut dan peradangan. Ini mengandung katekin yang membantu melawan infeksi penyebab diare dan mendorong pergerakan usus yang sehat dan kencang.

Hindari makanan tertentu

Meskipun ada makanan tertentu yang harus dikonsumsi untuk meringankan gejala diare, ada juga beberapa makanan yang perlu dihindari agar tidak memperburuk keadaan. Makanan yang digoreng dan berminyak yang tinggi serat harus dihindari karena dapat menyebabkan kembung.

Hindari jus buah karena fruktosa dalam jumlah besar bisa sulit dicerna. Hindari makanan yang kaya serat seperti kubis, buncis. Selain itu, pemanis buatan, brokoli, alkohol, kembang kol, kopi, susu, kacang polong, jagung, buncis, paprika, harus dihindari

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya