Kenali Perbedaan Sakit Kepala COVID-19 dan Sakit Kepala Lainnya

Sakit kepala
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sakit kepala adalah salah satu tanda umum infeksi virus corona. Orang yang menderita sakit kepala karena terinfeksi COVID-19 melaporkannya sebagai sakit kepala yang tidak biasa, menyiksa, terkadang satu sisi yang dapat membuat sulit berfungsi.

Pria di Florida Todongkan Pistol ke Pegawai McDonald's Hanya Gegara Saus

Namun, sakit kepala juga biasanya terlihat dengan infeksi virus, pilek, sinusitis, dan alergi - yang dapat membuatnya semakin membingungkan untuk dikenali, sebagai tanda COVID-19 yang khas atau tidak. Sakit kepala ringan juga bisa disebabkan oleh stres, waktu tidur yang berlebihan, atau kurang tidur.

Namun, penelitian baru telah mengidentifikasi ada beberapa tanda khusus untuk sakit kepala terkait COVID-19, dan tidak disebabkan oleh alasan lain dilansir dari Times of India. Sakit kepala telah dilaporkan baik pada tahap awal dan akhir infeksi oleh pasien.

Kecanduan Onani Berdampak Pada Pikiran dan Gaya Bicara, Begini Kata dr Boyke

Dari peradangan yang disebabkan oleh replikasi virus di dalam tubuh hingga timbulnya demam yang melemahkan, sakit kepala dapat disebabkan oleh lebih dari satu penyebab COVID-19. Ini juga bisa menjadi tanda infeksi parah jika berlangsung lebih lama.

Penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Istanbul University, Turki tersebut mensurvei total 3.196 pasien yang tidak terinfeksi COVID-19 dan 262 pasien lainnya yang ditemukan positif COVID-19. Semuanya mengeluh sakit kepala sebagai pertanda adanya masalah.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Berdasarkan analisis, berikut beberapa tanda khas sakit kepala terkait COVID-19 yang harus Anda waspadai

Sakit kepala yang berlangsung lebih dari 72 jam

Photo :
  • Times of India

Untuk lebih dari 10% pasien, sakit kepala yang berlangsung melebihi durasi 72 jam adalah tanda COVID-19. Hal ini karena sakit kepala, sebagai gejala dari faktor penyebab lain sangat jarang berlangsung selama ini, atau biasanya mulai mereda.

Dokter sekarang membuktikan bahwa setiap nyeri, sakit kepala atau mialgia (nyeri otot) yang berlangsung lebih dari 48 jam-72 jam harus segera diperiksa.

Beberapa pasien COVID-19 juga mungkin mengalami sakit kepala tegang, yang disebabkan oleh batuk, demam, atau kedinginan yang ekstrem. Pasien juga melaporkan jendela 72 jam sebagai durasi minimum sakit kepala mereka bisa bertahan.

Mengalami beberapa gejala gastro-intestinal dan kram

Anehnya, satu hal yang bisa membedakan sakit kepala karena COVID dengan bentuk sakit kepala lainnya adalah perkembangan gejalanya. 

Meskipun sakit kepala biasa jarang mengganggu keseimbangan usus, dalam kasus novel coronavirus, sakit kepala, biasanya juga dianggap sebagai tanda peradangan saraf yang dapat mengganggu indra seseorang (menyebabkan hilangnya indera penciuman dan perasa) dan juga menyebabkan keluhan gastrointestinal, seperti kram, mual, kelelahan, kelelahan dan kehilangan nafsu makan.

Meskipun tidak ada hubungan yang jelas antara keluhan gastrointestinal dan sakit kepala, para peneliti menemukan bahwa itu adalah komplikasi umum yang diderita oleh pasien COVID-19. Oleh karena itu, itu adalah sesuatu yang perlu diperhatikan dan dicari bantuannya sekaligus.

Obat penghilang rasa sakit tidak memberikan banyak bantuan

Sakit kepala terjadi akibat peradangan yang dijual bebas obat penghilang rasa sakit dan obat-obatan membantu meredakan nyeri dan meringankan gejala.

Namun, dalam kasus infeksi COVID-19, para peneliti menemukan bahwa obat OTC dan obat analgesik hanya memberikan sedikit kelegaan bagi orang yang menderita gejala tersebut. Ini, pada gilirannya, bisa menjadi tanda peringatan infeksi COVID-19, terutama jika tidak mengalami gejala khas lainnya.

Merasakan sakit kepala berdenyut-denyut

Semua sakit kepala tidak terasa sama. Jika Anda mencurigai adanya infeksi COVID-19, periksa kembali untuk melihat apakah Anda mengalami sensasi 'berdenyut' di kepala. 

Para ahli mengatakan bahwa orang yang menderita sakit kepala COVID-19 mungkin mengalami bentuk sakit kepala yang parah, yang bisa membuat sulit berkonsentrasi pada pekerjaan, membuat seseorang pusing. Rasa sakit dan sakit kepala yang ekstrem juga bisa menjadi tanda awal serangan virus ke organ vital termasuk sistem saraf.

Sementara banyak yang menyamakan sakit kepala mirip dengan migrain, banyak juga yang melaporkan bahwa sakit kepala yang disebabkan oleh COVID-19 dapat diisolasi, terasa 'baru' atau tidak biasa. Sakit kepala juga bisa memburuk pada beberapa orang saat mereka membungkuk.

Pria paling berisiko

Photo :
  • U-Report

Terakhir, menurut penelitian, pria memiliki risiko dua kali lebih tinggi mengalami sakit kepala COVID-19 daripada wanita. Analisis dari kelompok studi menemukan bahwa pria lebih mungkin melaporkannya sebagai gejala, yang berarti ada banyak perbedaan gender dalam hal gejala COVID-19.

Sekali lagi, meskipun tidak ada bukti ilmiah untuk ini (terlepas dari fakta bahwa pria memiliki reseptor pengumpul kekebalan ACE2 yang lebih rendah) di tubuh mereka, ini mungkin merupakan tanda yang harus diperhatikan jika Anda telah melakukan kontak dengan orang atau tersangka COVID-19. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya