5 Pengobatan Rumahan yang Efektif untuk Mencegah Infeksi Urin

Ilustrasi kandung kemih
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Infeksi urin adalah salah satu masalah paling umum pada wanita yang disebabkan oleh berbagai alasan. Namun salah satu faktor utamanya adalah tingkat kebersihan yang buruk. Jadi, saat Anda menghadapi masalah seperti itu, berkonsultasilah dengan dokter untuk menyembuhkannya. 

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

Tetapi untuk mencegah masalah lebih awal, Anda juga dapat mencoba pengobatan rumahan ini. Berikut ini adalah pengobatan rumahan yang mudah untuk mencegah infeksi urin seperti dilansir dari Pinkvilla:

Tetap terhidrasi 

Mudik Lebaran, Hati-hati Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita!

Photo :
  • Times of India

Dehidrasi adalah salah satu faktor utama terjadinya infeksi urin. Jadi, jagalah selalu terhidrasi dan minumlah banyak cairan, terutama air. Air membantu meningkatkan fungsi saluran kemih dan juga mencegah semua bakteri mencapai sel di sekitar organ kemih.

Dehidrasi Kulit Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Begini Cara Efektif Atasinya Menurut Dokter

Menjaga kebersihan

Sangat penting untuk menjaga tingkat kebersihan dasar untuk menjaga area genital Anda. Gunakan pembersih khusus wanita untuk menjaganya tetap bersih, jangan menahan kencing terlalu lama, dan buang air kecil segera setelah berhubungan seksual.

Bawang putih

Bawang putih adalah bahan dapur umum yang sering digunakan untuk mengobati ISK atau infeksi saluran kemih. Ini mencegah bakteri berbahaya menyebar menyebabkan ISK. Anda juga bisa memasukkan bawang putih ke dalam makanan.

Bantalan pemanas

Penggunaan bantalan pemanas di punggung dan perut bagian bawah akan mengurangi rasa sakit akibat ISK. Ini juga membunuh bakteri di saluran kemih.

Konsumsi probiotik

Photo :
  • Pixabay/ ponce_photography

Probiotik membantu meningkatkan bakteri baik dalam sistem usus yang akan membunuh bakteri penyebab ISK. Probiotik ditemukan dalam banyak makanan fermentasi seperti kimchi, yoghurt probiotik. Jadi, Anda dapat memasukkan makanan ini ke dalam makanan rutin Anda untuk meningkatkan kesehatan usus.

Hal-hal untuk diingat:

Gunakan kondom ketika hubungan seksual.

Hindari kondom atau diafragma yang diberi perlakuan spermisida.

Selalu kenakan pakaian dalam berbahan katun.

Ganti pakaian yang lembab secepat mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya