Penderita Diabetes Boleh Konsumsi Obat Diet, Asal...

Ilustrasi tes diabetes.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Penderita diabetes harus menjaga gaya hidup sehat agar gula darahnya tetap terkontrol dengan baik dan tidak terjadi komplikasi, yang akan semakin memperparah penyakitnya. 

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Pun dalam hal pemilihan makanan. Para penyandang penyakit ini tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, terutama yang dapat memicu kenaikan gula darah, yang akan berbahaya bagi para diabetesi. 

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari penderita diabetes, di antaranya makanan yang mengandung lemak trans, minuman manis, sereal manis, buah kering, makanan ringan dalam kemasan, dan masih banyak lagi. 

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

Lalu, bagaimana dengan obat diet atau obat penurun berat badan? Karena banyak yang beranggapan, penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi obat ini. Benarkah demikian, ini fakta atau mitos? 

"Mitos. Jadi, sebenarnya obat-obat penurun berat badan itu aman dikonsumsi pada diabetes, tapi memang harus berkonsultasi dulu dengan dokter," ujar Spesialis gizi klinik, dr. Feni Nugraha, MARS, M.Gizi, SpGK, dalam tayangan Hidup Sehat di tvOne. 

Penderita Diabetes Tak Usah Takut Lagi Makan Nasi, Begini Cara Masaknya agar Rendah Gula

Dokter Feni menambahkan, bagi penyandang diabetes yang ingin diet, jika kelebihan berat badan atau obesitas, disarankan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

"Kemudian diperhitungkan kebutuhan kalorinya agar dietnya sehat. Lalu diberikan obat tentu saja yang aman, direkomendasikan, jadi di bawah pengawasan dokter. Dan sekarang banyak obat-obatan diabetes yang digunakan untuk diet juga," lanjut dia. 

Feni mengatakan, jika tidak berkonsultasi dulu dengan dokter, ini akan berisiko untuk orang yang bersangkutan. Sebab, ada beberapa obat-obatan yang tidak diperbolehkan untuk penderita diabetes. 

"Jadi, ada baiknya untuk aman konsultasi terlebih dahulu, sebelum mengonsumsi obat-obatan," kata dokter Feni Nugraha.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya