5 Tips Menurunkan Berat Badan Saat Menopause

Berat badan
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Seorang wanita yang tidak memiliki siklus menstruasi selama setahun, dikatakan menopause. Tahap menopause ini dapat memiliki berbagai efek pada tubuh mereka, baik itu hot flushes, penambahan berat badan, ketidakseimbangan hormon. 

Terpopuler: 5 Minuman Hambat Penurunan Berat Badan, 100 Wanita Rayakan Hari Kartini di Puncak Gunung

Peningkatan berat badan selama menopause terjadi karena penurunan kadar estrogen, tidur yang tidak memadai, penuaan, dan lainnya. Menurunkan berat badan selama menopause bisa menjadi tantangan yang cukup berat. 

Photo :
  • U-Report
8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Namun, memasukkan makanan tertentu ke dalam diet Anda dan menerapkan perubahan gaya hidup dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Nah berikut ini beberapa tips menurunkan berat badan untuk wanita yang mengalami menopause, dilansir dari Pinkvilla.

Tidur

6 Olahraga Ringan untuk Membakar Kalori dan Mengembalikan Kebugaran Tubuh Setelah Lebaran

Karena gangguan metabolisme dan perubahan tubuh, Anda mungkin telah mengganggu pola tidur. Kurang tidur juga bisa menjadi alasan kenaikan berat badan. Jadi pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup untuk mencegah penambahan berat badan.

Diet rendah karbohidrat

Untuk menjaga metabolisme dan menurunkan berat badan, diet rendah karbohidrat adalah yang terbaik. Hindari karbohidrat dan konsumsi makanan yang kaya protein dan lemak. Makan makanan seperti ikan, telur, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu tinggi lemak, lemak, minyak sehat.

Berolahraga setiap hari

Photo :
  • U-Report

Melakukan senam aerobik secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan dan membentuk otot. Latihan ketahanan juga dapat membantu meningkatkan kehilangan otot terkait usia dan menghilangkan lemak membandel di sekitar perut yang dialami wanita menopause.

Perubahan gaya hidup

Mengadopsi beberapa perubahan dalam gaya hidup dapat menghasilkan keajaiban dalam hal menurunkan berat badan. Baik itu perubahan dalam rutinitas harian atau menggabungkan latihan dan aerobik, perubahan gaya hidup bisa sangat efektif dalam menurunkan berat badan dengan cepat.

Makanan berserat tinggi

Photo :
  • U-Report

Konsumsi makanan seperti kubis, biji rami, alpukat, dan brokoli yang tinggi serat untuk meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi nafsu makan, dan membantu penurunan berat badan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya