5 Penyebab Sakit Kepala Kronis dan Cara Mencegahnya

Sakit kepala
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Apakah Anda menderita sakit kepala kronis setiap hari? Ini bisa menjadi alasan dari beberapa masalah kesehatan serius yang mendasari. Ada berbagai jenis sakit kepala yang disebabkan oleh berbagai faktor. 

Jangan Bingung Lagi, Segini Kebutuhan Air Putih Berdasarkan Usia dan Jenis Kelamin

Jika sakit kepala tidak kunjung sembuh dan menimbulkan masalah secara teratur, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Dilansir dari Pinkvilla, berikut ini penyebab sakit kepala:

Ketegangan

Hati-Hati Tanda Saraf Kejepit yang Jarang Disadari Masyarakat

Sakit kepala sering kali disebabkan oleh ketegangan dan stres yang berlebihan dan dimulai dari tengah hari. Seseorang, mengalami sakit kepala ini, merasa kaku di sekitar kepalanya dan rasa sakit yang terus-menerus di kedua sisi kepala. Ini secara bertahap dapat mengarah ke leher. Sakit ini biasanya berlangsung selama beberapa jam, tetapi juga dapat membuat Anda kesulitan selama beberapa hari.

Migrain

Mengerikan! 5 Bulan Sakit Kepala, Ternyata Ada Sumpit Masuk ke Otak Pria Ini

Photo :
  • Times of India

Migrain terjadi di satu sisi kepala dengan nyeri yang berdenyut-denyut. Selama nyeri ini, seseorang mungkin juga mengalami kepekaan terhadap cahaya atau suara, mual atau muntah dan gangguan penglihatan.

Sakit kepala rebound

Nyeri ini terjadi jika seseorang sering meminum obat untuk mengatasi sakit kepala. Gejala lainnya adalah hidung tersumbat, sulit tidur, gelisah, sakit leher dan lainnya.

Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster dapat terjadi 1 hingga 8 kali per hari yang dapat berlangsung selama 15 menit hingga 3 jam. Sakit kepala ini juga meliputi nyeri di sekitar mata, kelopak mata terkulai, mata kemerahan, hidung tersumbat atau berair, wajah berkeringat.

Sakit kepala thunderclap

Saat nyeri muncul, nyeri dapat mencapai intensitas maksimalnya dalam waktu 1 menit dan dapat berlangsung lebih lama dari 5 menit. Ini adalah jenis sakit kepala ekstrem yang juga bisa menjadi indikasi kondisi yang mengancam jiwa.

Perawatan untuk sakit kepala:

Anda dapat mengonsumsi pereda nyeri yang dijual bebas.
Obat resep bisa diminum.
Salep pereda nyeri juga bisa digunakan.

Pengobatan rumah untuk sakit kepala:

Gunakan pemanas atau kompres es.
Hindari situasi stres dan tetap rileks.
Makan makanan sehat.
Latihan setiap hari untuk mengurangi stres.
Batasi asupan alkohol.
Beristirahatlah dalam pekerjaan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya