Cocok untuk Pengidap Diabetes, 3 Minuman Ini Ampuh Turunkan Gula Darah

Teh hijau
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Hidup dengan diabetes tipe 2 berarti Anda harus waspada terhadap semua yang dimakan atau minum. Lantas, minuman apa yang terbaik untuk dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar gula darah Anda?

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Dikutip dari laman Express UK, Para peneliti di Harvard melacak lebih dari 100.000 orang selama sekitar 20 tahun. Mereka berkonsentrasi pada periode empat tahun, dan kesimpulan mereka kemudian dipublikasikan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang meningkatkan asupan kopi mereka lebih dari satu cangkir per hari memiliki risiko 11 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2. Ada penelitian menarik yang menunjukkan bahwa meningkatkan asupan kopi sebenarnya dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Kopi hitam

Photo :
  • U-Report
5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Diabetes Care, kopi dan pengaruhnya terhadap diabetes tipe 2 diselidiki. Studi tersebut mencatat, hasil menunjukkan bahwa konsumsi sedang dari kopi berkafein dan tanpa kafein dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 pada wanita yang lebih muda dan paruh baya.

"Konsumsi kopi yang tinggi telah dikaitkan dengan toleransi glukosa yang lebih baik dan risiko diabetes tipe 2 yang jauh lebih rendah."

Teh hijau

Beberapa penelitian lain menunjukkan teh hijau sebagai metode yang berpotensi efektif untuk mengendalikan diabetes, dan bahkan meningkatkan sensitivitas insulin. The Pacific College of Oriental Medicine menyarankan bahwa aktivitas antioksidan dari polifenol dan polisakarida adalah pujian untuk manfaat ini.

Antioksidan yang sama ini dikaitkan dengan manfaat antikanker, penurun kolesterol, dan manajemen tekanan darah. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Institut Kesehatan Nasional Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, efek teh hijau pada kontrol glukosa dan sensitivitas insulin diselidiki.

Studi tersebut menemukan bahwa konsumsi teh hijau secara signifikan mengurangi konsentrasi glukosa dan hemoglobin puasa. Skor studi menunjukkan bahwa teh hijau secara signifikan mengurangi konsentrasi insulin saat puasa.

Teh hitam

Dalam sebuah penelitian baru-baru ini ditemukan bahwa teh hitam secara signifikan mengurangi peningkatan kadar glukosa darah pada orang dewasa yang sehat dan pra-diabetes.

Para peneliti di studi tersebut menunjukkan bahwa teh hitam mengurangi peningkatan glukosa darah setelah konsumsi sukrosa pada 60, 90 dan 120 menit dibandingkan dengan plasebo.

"Data tersebut mengonfirmasi bahwa polifenol menurunkan respons glikemik dan mungkin bertanggung jawab atas tingkat diabetes yang lebih rendah yang diamati dengan konsumsi teh dan kopi."

Minuman yang dihindari

Dalam hal minuman yang harus dihindari, soda menempati posisi teratas. Rata-rata, seseorang dapat memiliki 40 gram karbohidrat dan 150 kalori yang merusak kadar gula darah.

Penelitian telah menunjukkan bahwa minuman energi tidak hanya meningkatkan gula darah Anda, tetapi juga dapat menyebabkan resistensi insulin. Hal ini dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Jus buah juga harus dibatasi karena sering kali mengandung banyak karbohidrat dan gula murni (alami).
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya