Tips Hindari Virus Corona Saat Gunakan Toilet Umum

Ilustrasi Toilet atau WC
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Di masa pandemi COVID-19 ini, kita harus terus berhati-hati dan disiplin dengan protokol kesehatan. Terutama, jika kita sedang beraktivitas di luar.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Meski kita diminta untuk tetap berada di rumah, terkadang ada hal yang memaksa kita keluar. Salah satu risiko yang harus dihadapi saat di luar rumah adalah menggunakan fasilitas publik yang dipakai bersama, contohnya toilet umum.

Hal yang mesti kamu ingat saat akan menggunakan toilet umum adalah hindari menyentuh permukaan apapun dengan tangan tanpa pelindung apapun. Dilansir laman Irish Times, bukalah pintu toilet menggunakan tisu lalu buang tisu itu ke dalam toilet.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Kemudian, tutup duduk toilet setelah digunakan sebelum melakukan flushing. Berdirilah menjauh dari toilet jika yang kamu gunakan memiliki flusher otomatis. Dan, yang paling penting adalah selalu cuci tangan serta keringkan dengan teliti setelah menggunakan toilet.

Beberapa pakai juga merekomendasikan menggunakan masker untuk menghindari paparan droplet menular di dalam dan sekitar toilet umum. Hindari menyentuh wajah hingga kamu mencuci dan mengeringkan tangan.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Demi menjaga kehigienisan, kini beberapa area publik seperti transportasi umum, mal, kantor maupun toilet telah mulai mengadopsi berbagai macam inovasi dan teknologi sanitasi, seperti nirsentuh untuk fasilitas bersama (toilet, pintu, dan lain-lain) hingga kamera pengawas (CCTV) yang dilengkapi dengan pemindai suhu tubuh.

Hal ini penting mengingat bahwa infeksi dapat terjadi ketika seseorang menyentuh permukaan atau objek yang memiliki virus, kemudian tanpa sengaja memegang area mata, hidung atau mulut. Pandemi  ini telah memaksa masyarakat untuk memiliki kebiasaan baru dan hidup lebih sehat serta higienis.  

“Peralatan sanitary merupakan faktor penting dalam memastikan kebersihan dan kesehatan, khususnya pada saat ini, di mana mencuci tangan adalah instrumen penting dari 3M, yang merupakan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dan WHO dalam upaya mencegah penularan virus corona. Sejalan dengan komitmen kami, yaitu meningkatkan kesadaran dan kualitas sanitasi di Indonesia, TOTO berharap untuk tetap menjadi pelopor sejati di bidang kebersihan dan kenyamanan yang mengutamakan keamanan pengguna baik di rumah maupun di tempat-tempat umum,” ujar Presiden Direktur PT Surya Toto Indonesia (TOTO) dalam keterangan tertulisnya.

Untuk mengurangi risiko penyebaran virus corona, produk-produk sanitary, baik di lingkungan umum atau pribadi, tetap harus dijaga kebersihannya dengan rutin dibersihkan, dan apabila memungkinkan, diperbaharui menyesuaikan dengan kondisi saat ini, misalnya penggunaan toilet tanpa sentuh (touchless flush).

Mencari dan memilih produk sanitary yang higienis dan aman sekarang ini tidaklah sulit, karena telah banyak produsen yang menyediakan berbagai macam produk sanitary tersebut dengan ragam dan harga yang terjangkau, salah satunya adalah TOTO.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya