7 Khasiat Luar Biasa Daun Pepaya, Bisa Lawan Kanker

Ilustrasi daun pepaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

VIVA – Daun pepaya menjadi salah satu olahan sajian yang umum dikonsumsi masyarakat Tanah Air. Bukan hanya memiliki rasa yang lezat jika diolah dengan benar, namun daun pepaya diketahui memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Daun pepaya diketahui, kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain, yang membantu sistem pencernaan, mencegah kembung dan gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu, daun pepaya juga mengandung senyawa alkaloid yang bekerja efektif melawan ketombe dan kebotakan. Daun pepaya juga mengandung vitamin A, C.E, K dan B.

Belimbing Wuluh Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Tubuh, Ini Daftarnya

Olahan daun pepaya, seperti teh, ekstrak, jus dan tablet sering digunakan untuk mengobati penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Tidak hanya itu saja, berikut ini tujuh manfaat kesehatan dari jus daun pepaya dan cara mudah mengolahnya:

Ketahui Tips Puasa Sehat untuk Penderita Diabetes, Dijamin Tahan Sepanjang Hari

1. Dapat mengobati gejala demam berdarah
Jus daun pepaya paling sering digunakan untuk mengobati gejala yang berhubungan dengan demam berdarah. Gejala umum demam berdarah meliputi demam, kelelahan, sakit kepala, mual, ruam kulit, dan muntah.

Dalam beberapa kasus yang parah, demam berdarah juga dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit, yang dapat meningkatkan risiko perdarahan dan berpotensi fatal jika tidak ditangani. Diketahui, bahwa jus daun pepaya adalah salah satu metode pengobatan yang paling umum digunakan.

Berdasarkan tiga penelitian yang melibatkan ratusan orang yang menderita demam berdarah menemukan bahwa ekstrak daun pepaya membantu meningkatkan kadar trombosit darah secara drastis.

2. Dapat membantu dalam menyeimbangkan kadar gula darah
Jus daun pepaya sering digunakan sebagai obat alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kadar gula darah. Studi yang dilakukan pada tikus menemukan bahwa ekstrak daun pepaya penuh dengan antioksidan dan efek penurun gula darah.

Daun pepaya dapat membantu dengan melindungi sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini. Tapi belum ada penelitian yang sama dilakukan pada manusia.

3. Mendukung kesehatan pencernaan
Teh daun pepaya digunakan untuk meringankan gejala pencernaan seperti perut bergas, kembung dan mulas. Daun pepaya mengandung serat yang menunjang kesehatan pencernaan.

Daun pepaya diketahui dapat memecah protein besar menjadi lebih kecil dan lebih mudah untuk mencerna protein dan asam amino. Daun pepaya juga membantu dalam mengatasi masalah seperti sembelit, mulas dan mengurangi gejala pada orang dengan sindrom iritasi usus besar.

Namun, temuan ini terbatas pada laporan anekdot dan tidak ada jaminan bahwa ini akan meningkatkan pencernaan Anda. Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

4. Memiliki efek anti inflamasi
Daun pepaya juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi peradangan internal dan eksternal, termasuk nyeri otot dan nyeri sendi.

Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak daun pepaya secara signifikan mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kaki tikus yang mengalami artritis.

5. Dapat mendukung pertumbuhan rambut
Aplikasikan jus daun pepaya pada kulit kepala dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut. Tetapi bukti hal yang sama sangat terbatas. Studi menunjukkan bahwa tingkat stres oksidatif yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan kerontokan rambut.

Dengan demikian, mengkonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, jus pepaya memiliki khasiat anti jamur, yang dapat mengendalikan jamur penyebab ketombe yang disebut Malassezia.

6. Dapat meningkatkan kesehatan kulit
Daun pepaya diketahui memiliki enzim pelarut protein yang disebut papain yang bekerja sebagai exfoliant. Enzim ini dapat membantu menghilangkan debu dan sel kulit mati.

Daun pepaya juga membantu mengurangi terjadinya pori-pori yang tersumbat, rambut yang tumbuh ke dalam dan jerawat.

7. Memiliki sifat anti kanker
Daun pepaya telah digunakan dalam praktek pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengobati jenis kanker tertentu. Tetapi masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengkonfirmasi hal yang sama.

Dalam sebuah studi tabung reaksi menunjukkan jus daun pepaya telah menunjukkan kemampuan yang kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker prostat dan payudara. Tetapi tidak ada penelitian pada manusia atau hewan yang mereplikasi temuan ini.

Cara membuat jus daun pepaya
Untuk membuat jus, Anda membutuhkan daun pepaya segar dan air. Mulailah dengan memotong batangnya. Setelah itu, potong daunnya, seperti Anda memotong kubis dan masukkan ke dalam blender dengan sedikit air.

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat mengonsumsi jus daun pepaya hingga 100 ml tiga kali dalam sehari untuk mengobati gejala demam berdarah. Anda bisa menambahkan sedikit garam atau gula untuk membuat jus terasa lebih enak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya