Resep Pelembab Alami, Jaga Kulit Sehat Meski Sering Pakai Masker

Perawatan wajah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penggunaan masker wajah di saat pandemi telah menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Masker menjadi salah satu perlengkapan wajib yang harus dikenakan saat melakukan kegiatan baik di luar ruangan maupun dalam ruangan.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Kita semua sadar, menggunakan masker dapat membantu memperlambat penyebaran penyakit dan virus. Namun, sebagian kita mungkin mengalami iritasi, kekeringan bahkan jerawat di kulit wajah khususnya area penggunaan masker.  

Director of Worldwide Nutrition Product Training, Herbalife Nutrition, Laura Chacon-Garbato mengatakan penggunaan masker menjadi keharusan di tengah pendemi, tapi bagaimana solusinya untuk dapat menghindari potensi masalah kulit yang timbul akibat pemakaian masker?

Biar Aman dan Terpercaya, 5 Faktor Ini Wajib Dipertimbangkan saat Pilih Klinik Kecantikan

"Meskipun mungkin agak merepotkan untuk memakai masker, kami tetap menekankan betapa pentingnya masker bagi kesehatan Anda dan kesehatan orang lain. Dan jika saat ini Anda mengalami iritasi kulit, Anda dapat menerapkan tip sederhana ini," ujar Laura.

Berikut beberapa tips cepat yang dapat membantu menghindari permasalahan kulit tersebut, dikutip dari keterangan tertulis Herbalife Indonesia.

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Pilih masker yang tepat

Ada banyak pilihan masker wajah yang kreatif di pasaran. Pastikan Anda memilih salah satu masker dengan bahan yang pas dan nyaman serta terbuat dari bahan yang tidak membuat sulit untuk bernafas. Tidak semua bahan dibuat sama, poliester misalnya terkadang dapat memerangkap keringat, menyebabkan iritasi, dan memicu jerawat.

Kain dapat menjadi jawaban bagi Anda yang rentan berjerawat. Carilah masker yang terbuat dari bahan katun karena dapat membantu menyerap keringat dan memungkinkan kulit untuk bernapas.

Persiapkan kulit sebelum memakai masker

Sama seperti saat mempersiapkan tubuh sebelum mengenakan pakaian dengan cara melembapkannya, sebelum mengenakan masker, sebaiknya Anda juga menggunakan pelembab wajah yang memiliki sifat menghidrasi.

Carilah bahan-bahan seperti chamomile dan aloe vera, yang dikenal karena sifatnya yang menenangkan. Hidrasi dapat membantu mencegah iritasi, maka cobalah menghindari riasan tebal dan berminyak karena dapat menyumbat pori-pori.

Rawat kulit setelah memakai masker

Setelah seharian menggunakan masker, pastikan untuk memanjakan kulit Anda dengan produk bebas sulfat dan melembabkan. Sulfat adalah deterjen kuat yang mengubah struktur lipid epidermis bagian atas kulit dan menyebabkan iritasi.

Setelah melepas masker, pastikan untuk membasuh wajah dengan pembersih ringan dengan bahan yang melembapkan. Hal ini akan membantu menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit Anda.

Gunakan air hangat karena kulit sudah sensitif, dan ini akan membantu mencegah iritasi lebih lanjut. Akhiri prosesnya dengan mengoleskan pelembab dengan antioksidan dan minyak esensial, yang dapat memulihkan dan menenangkan kulit Anda.

Resep pelembab alami

Jika Anda mengalami kekeringan, iritasi, atau gatal yang berlebihan setelah menggunakan masker, Anda juga bisa membuat masker yang melembabkan.

Bahan:

3 sendok makan oatmeal
2 sendok makan Herbal Aloe Soothing Gel
1 sendok makan madu

Cara:

Masak oatmeal dengan 2 sendok makan air selama 20 sampai 30 detik. Keluarkan dari microwave dan tambahkan 2 sendok makan Herbal Aloe Soothing Gel dan 1 sendok makan madu ke dalam oatmeal panas. Biarkan oatmeal dingin lalu oleskan ke wajah, sebaiknya dengan facial brush. Biarkan selama 15 hingga 20 menit.


Oatmeal dan madu dikenal karena khasiatnya yang melembabkan, dan Herbal Aloe Soothing Gel mengandung conditioner yang dapat melembabkan kulit. Terakhir, cuci bersih wajah menggunakan air hangat dan pembersih bebas sulfat.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya