Sarapan Pagi dengan Alpukat Bisa Menurunkan Kolesterol Jahat

Ilustrasi alpukat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kolesterol tinggai adalah sumber utama plak penyumbatan arteri, yang terkait dengan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke. Banyak orang mungkin memiliki kondisi tersebut, sama sekali tidak menyadarinya. Namun, penyesuaian pola makan bisa membuat perbedaan.

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

WebMD mengatakan bahwa memulai hari dengan alpukat dapat melepaskan asam oleat dalam tubuh, yang membantu menurunkan kolesterol jahat dalam aliran darah.

Alpukat adalah buah serbaguna yang bisa dioleskan pada roti panggang, dipasangkan dengan tomat, dan salad. Makanan lain untuk dimasukkan ke dalam diet Anda adalah kacang-kacangan; khusus kacang almond, kenari dan pistachio yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Saat membeli kacang di supermarket, pastikan memilih yang rendah garam - kontrol porsi juga penting di sini, tidak lebih dari segenggam sehari. Pertukaran sederhana juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, memilih nasi gandum utuh, pasta, dan roti.

Photo :
  • U-Report
Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Serat larut yang terdapat pada nasi wholegrain misalnya, terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat dengan cara mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah. Sumber kaya serat larut lainnya termasuk kacang hitam, kacang merah, dan lentil.

"Studi terbaru menunjukkan makan 4,5 ons kacang sehari bisa menurunkan kadar LDL hingga lima persen," kata WebMD dilansir dari express.co.uk.

Sebagian besar sayuran kaya serat dan rendah kalori, terutama terong dan okra. Selain memperhatikan apa yang Anda makan setiap hari, jika ingin menurunkan kolesterol, Anda perlu menggerakkan tubuh.

"Menurunkan berat badan akan membantu menurunkan LDL, kadar kolesterol total, dan kadar trigliserida," kata WebMD.

Selain itu, berolahraga secara teratur dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Menurut British Heart Foundation (BHF) bahwa kolesterol HDL membawa kolesterol yang tidak dibutuhkan tubuh ke hati. Di dalam hati, kelebihan kolesterol kemudian dipecah sehingga bisa dikeluarkan dari tubuh.

Ketika kadar kolesterol HDL dinaikkan, lebih banyak kolesterol jahat yang dapat diangkut ke hati, alih-alih melapisi arteri. Aktivitas tiga puluh menit setiap hari direkomendasikan oleh WebMD untuk menurunkan kolesterol "jahat" dan meningkatkan kadar kolesterol "baik".

Orang yang meresepkan obat penurun kolesterol, seperti statin, perlu minum obatnya. Statin bekerja paling baik bila dikombinasikan dengan diet rendah kolesterol dan banyak olahraga.

Membiarkan terlalu banyak kolesterol menumpuk di tubuh dapat menyebabkan aterosklerosis dan kondisi yang mengancam jiwa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya