Jangan Dibuang, Ini Manfaat Ampas Kopi untuk Kesehatan Kulit

Ampas kopi
Sumber :
  • popsci.com

VIVA – Sebagian besar dari kita tidak akan bisa memulai hari tanpa secangkir kopi panas. Kopi ternyata mungkin memiliki manfaat yang mengejutkan untuk kulit. 

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Antioksidan membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat radikal bebas, dan kopi ternyata dikemas dengan antioksidan. Ini kabar baik untuk kulit Anda, karena antioksidan membantu melawan penuaan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kopi memiliki efek yang sama pada kulit sebagai asam hialuronat bahan perawatan kulit anti penuaan. Minyak biji kopi dapat meningkatkan kolagen dan elastin, membuat kulit tampak dan terasa lebih kencang.

Wajib Tahu! 5 Kandungan Skincare yang Aman Buat Semua Jenis Kulit

Dilansir dari verywellhealth.com, kopi juga dapat membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dengan mengurangi kehilangan air. Selain itu bubuk kopi bekas juga memiliki manfaat perawatan kulit.

Beberapa penelitian menunjukkan ampas bubuk kopi membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV-B. Jadi, ketika dimasukkan dalam sediaan perawatan kulit, ekstrak kopi dapat membantu melindungi kulit Anda dari pembentukan kerutan dan kerusakan akibat sinar matahari

Merawat kulit dari Bahan Vegan

Ampas kopi memiliki banyak manfaat. Berbeda dengan ampas kopi dari minuman kopi rumahan yang diambil dari dalam cangkir pengguna, ampas kopi yang akan diolah secara lebih lanjut ini didapat dengan cara yang berbeda. 

Selama ini mayoritas kedai kopi membuang ampas kopi begitu saja, padahal sisa produk tersebut masih memiliki banyak kandungan seperti kafein, antioksidan, dan juga keasaman yang bermanfaat bagi manusia dan juga tumbuhan. 

"Sejalan dengan sustainability program yang kami perkenalkan pada September 2020 silam, maka kami memutuskan untuk memanfaatkan ulang ampas kopi tersebut dengan bekerja sama bersama MIJI, agar kandungan kebaikan yang ada masih bisa kita manfaatkan kembali. MIJI juga kami pilih sebagai partner karena kami memiliki fokus sama dalam menerapkan gaya hidup ramah lingkungan serta menghadirkan produk berkualitas berbahan baku premium bagi masyarakat Indonesia,” ujar Lionel Hanjaya Tirta, Co-founder & Operational Director KISAKU, dari keterangan tertulisnya.

Photo :
  • Dokumentasi KISAKU

Di KISAKU, ampas kopi yang diolah menjadi soap bar diambil dari sisa kopi di dalam mesin pembuat kopi. Sehingga ampas kopi yang dimanfaatkan ulang masih bersih, dan memiliki kualitas bagus untuk diolah kembali. 

Selain meluncurkan inisiatif terbaru dalam pemanfaatan ulang ampas kopi, pada kesempatan yang sama KISAKU juga memperkenalkan produk drip bag coffee berisi kopi Arabika racikan KISAKU (50% Aceh Gayo dan 50% Flores Bajawa). 

“Kami paham bahwa para pelanggan ingin selalu menikmati kopi berkualitas dengan tetap #dirumahaja. Oleh karenanya kami meluncurkan drip bag coffee untuk memenuhi kebutuhan tersebut, agar pelanggan dapat menikmati kopi premium dengan harga terjangkau secara praktis,” kata Lionel.

 baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya