Mendengarkan Musik dari Radio disebut Bantu Jaga Kesehatan Mental

Kesehatan mental
Sumber :
  • Pinkvilla

VIVA – Pandemi COVID-19 di tanah air yang terjadi sejak Maret 2020 lalu berdampak pada sektor kesehatan. Dengan meningkatnya kasus COVID-19, masyarakat mulai sadar untuk menjaga kesehatan mereka agar terhindar dari terpapar COVID-19. Mulai dari mengonsumsi makanan sehat dan mengonsumsi multivitamin. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Psikolog dan peneliti perilaku konsumen Dra. Retno Dewanti Purba MPsi. memaparkan bahwa, kesehatan menjadi satu fokus yang sangat penting saat ini. Tak hanya kesehatan fisik, tapi tentunya juga kesehatan jiwa, karena keduanya merupakan satu kesatuan. 

Memastikan bahwa kita berada dalam kondisi sehat jiwa semestinya dilakukan dengan sungguh-sungguh agar kita bisa menjalani masa sulit ini dengan lebih positif, gembira dan bahagia dan pada ujungnya membantu terjaganya imunitas tubuh. 

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Saat ketegangan dan kecemasan menjadi beban yang berat, ada baiknya kita mencoba mencari kegiatan yang bersifat menurunkan ketegangan dalam diri, yang menghadirkan perasaan tidak sendiri, membangun mood yang baik dan nyaman berada di rumah, salah satunya adalah dengan mendengarkan musik dari radio

Retno menyebut menghibur diri dengan mendengarkan musik yang enak sambil ditemani percakapan-percakapan yang menyamankan dari program radio diharapkan bisa memberi efek baik dan positif terhadap diri.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

"Lessons learned selama ini menempatkan radio sebagai salah satu media yang bisa menjadi teman seperjalanan bagi pendengarnya. Ada efek companionship yang didapatkan karena menemani di banyak situasi dan aktivitas sekaligus dapat menimbulkan rasa terhubung dengan dunia luar," kata dia seperti dikutip dari keterangan yang diterima VIVA.

Retno melanjutkan, radio tepat memenuhi kebutuhan dalam segala ketidakpastian dan keterbatasan di masa sekarang ini. Selain itu, masyarakat juga harus selalu bersyukur karena sebenarnya kita masih punya kemewahan untuk memilih aktivitas yang menghibur, memilih media yang bisa memberi efek senang, nyaman, tenteram sambil terus mendapat informasi yang bermanfaat.

Melihat hal tersebut, Masima Radio Network menginisiasi program Siaran multi brand program Good Morning Indonesia dan Afternoon Feel Good akan disiarkan di Delta FM, Bahana FM, dan Female Radio, di 8 kota besar Indonesia yang dapat dinikmati melalui streaming

Head of Content & Promotion Masima Radio Network, Evan Perdana, menyampaikan, bahwa pihaknya menyadari bahwa  radio punya peran besar untuk membangun mood pendengar. Karena itu pihaknya ingin ambil bagian dalam memberikan dukungan bagi pendengar. 

"Melalui streaming, dengan misi menebar kebaikan dan kebahagiaan untuk masyarakat Indonesia dimanapun berada. Dengan radio host Ben Kasyafani, Sissy Prescillia dan Nino Kayam yang ceria, program informatif dan up to date, kami yakin dapat menemani masyarakat untuk terus bahagia. Kami mengajak masyarakat untuk Just be good & do good," kata dia. 

Program ini disiarkan setiap Senin - Jumat, pukul 06.00 - 10.00 wib, mulai 4 Januari 2021. Sementara program afternoon show Afternoon Feel Good akan dipandu Enno Lerian dan Danar Gumilang disiarkan setiap Senin s/d Jumat, pukul 16.00 - 20.00 wib, mulai 1 Februari 2021. 

Di sisi lain,  Retno Dewanti Purba, juga menambahkan ada 3 hal yang patut kita cermati agar kesehatan jiwa kita terjaga baik, antara lain: 

Adaptasi  

Upaya yang kita lakukan dengan mengubah respons perilaku agar sesuai dengan keadaan lingkungan saat ini. Adaptasi terbukti telah menjadi cara manusia dan berbagai makhluk hidup lain bertahan dari segala kondisi yang yang tidak pasti dan terus berubah. 

"Dalam konteks pandemi COVID-19 ini, esensi dari semua konsep Adaptasi Kebiasaan Baru sebenarnya bertujuan untuk mengajak kita semua mengadopsi kebiasaan dan perilaku baru dalam keseharian kita agar dapat menghentikan laju penyebaran pandemi yang akhirnya berpengaruh terhadap keseluruhan keseharian kita," kata Retno.

Coping strategy 

Di masa sekarang ini penting bagi individu untuk memiliki cara atau metode yang sesuai untuk mengatasi dan mengendalikan situasi/masalah yang dialami. Dengan cara yang sesuai maka diharapkan individu bisa menghadapi tantangan, hambatan ataupun ancaman dengan lebih baik sehingga bisa menimbulkan efek positif terhadap kesehatan jiwa kita.  

Membangun resiliensi 

Resiliensi adalah kemampuan individu dalam mengatasi, melalui, dan bangkit kembali setelah mengalami kesulitan. Sebuah kemampuan untuk bounce back saat kita jatuh; biasanya disebut sebagai ketangguhan. Ketangguhan membantu individu bertahan dalam situasi sulit.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya