Vaksin COVID-19 Kurang Efektif untuk Obesitas, Ini Penjelasannya

Ilustrasi vaksin virus corona
Sumber :

VIVA – Ketersediaan vaksin COVID-19 mungkin menjadi hal yang mudah bagi banyak orang, tetapi mungkin tidak menjanjikan untuk semua orang. Orang yang menderita obesitas, misalnya, mungkin masih rentan terhadap COVID-19, dengan vaksin. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Banyak peneliti yang meyakini bahwa obesitas yang dianggap sebagai salah satu faktor risiko terbesar COVID-19 dapat menghalangi keampuhan dan efektivitas vaksin COVID-19 saat ini.

Menurut laporan yang baru-baru ini diterbitkan di Nature, orang gemuk menyajikan respons yang 'membosankan' dan mungkin tidak dapat memasang antibodi yang cukup. Mereka juga dapat memiliki respons yang tertunda, membuat vaksin COVID-19 tidak efektif untuk mereka.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Untuk kelompok berisiko tinggi yang sudah rentan terhadap bahaya COVID-19 yang parah, perkembangan tersebut hanya memicu lebih banyak kekhawatiran demikian dilansir Times of India.

Mengapa obesitas menjadi perhatian serius? Obesitas, yang telah berubah menjadi epidemi gaya hidup global merupakan masalah kesehatan utama.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Obesitas dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak aktif, masalah hormonal, obat-obatan, pola makan yang buruk, genetika, yang dipicu oleh penyakit atau beberapa faktor psikologis.

Menurut statistik WHO dan Obesitas Dunia, masalah kesehatan masyarakat terus meningkat, dengan lebih dari 2 juta orang kelebihan berat badan dan, atau obesitas (terhitung sekitar 13% dari populasi dunia). 

Photo :
  • U-Report

Dengan tingkat tiga kali lipat sejak tahun 80-an, obesitas juga merupakan masalah yang dapat berakar pada risiko berbahaya lainnya, termasuk diabetes, tekanan darah tinggi, stres, penyakit ginjal - semuanya sama-sama berisiko dan buruk untuk COVID-19.

Kemampuan kerja vaksin COVID-19 tergantung pada seberapa sehat sistem kekebalan tubuh Anda. Obesitas, sebagai masalah medis dapat memengaruhi kekebalan dan fungsinya.

Dalam kondisi seperti obesitas yang tidak wajar, peradangan akut dapat menyebabkan respons imun yang tertunda atau menurun. Selain itu, obesitas juga dikaitkan dengan beberapa penyakit dan risiko kesehatan lain yang dapat mengganggu kekebalan tubuh. 

Oleh karena itu, dalam kekurangan imunitas yang stabil, vaksin mungkin bekerja atau tidak bekerja dengan cara yang sama pada orang gemuk, kemudian pada orang sehat.

Penelitian juga menemukan bahwa orang gemuk mungkin juga memiliki tingkat protein pengatur kekebalan yang lebih tinggi dari biasanya di dalam tubuh, juga dikenal sebagai sitokin, yang, dalam beberapa kasus dapat memaksa sistem kekebalan untuk salah menafsirkan sinyal dan merusak sel dan jaringan yang sehat.

Mereka dengan BMI dan obesitas lebih tinggi juga lebih mungkin meninggal karena COVID-19, berapa pun usianya. Dari tantangan seperti intubasi yang sulit (dukungan ventilator), kapasitas paru-paru yang berkurang, resistensi insulin dan keberadaan reseptor ACE2 yang tinggi juga meningkatkan risiko.

Mungkin yang mengkhawatirkan para dokter dan ahli epidemiologi adalah bahwa ini bukan pertama kalinya vaksin tidak menarik bagi orang gemuk. Selain COVID-19, ada vaksin untuk beberapa kondisi lain yang tidak bekerja dengan baik melawan obesitas, termasuk influenza, rabies, hepatitis-B.

Minimalkan risiko

Lalu, apa yang perlu dilakukan sekarang untuk meminimalkan risiko. Meskipun terlalu dini untuk menentukan persentase pastinya, atau seberapa berat risikonya bagi orang yang menderita obesitas, mengatasi masalah ini dalam jangka panjang akan membutuhkan pendekatan yang lebih menyeluruh.

Beberapa juga percaya bahwa perlu ada uji klinis yang dapat membantu para ahli merancang vaksin yang lebih bisa diterapkan dan efisien untuk melindungi mereka dari risiko. 

Namun, ini bisa memakan waktu lama dan mungkin tidak menawarkan solusi jangka pendek. Penggunaan ajuvan atau dosis yang berbeda, seperti yang digunakan pada lansia dan orang dengan gangguan kekebalan juga dapat membantu memberikan respons yang lebih baik setelah mereka divaksinasi.

Namun solusi sebenarnya terletak pada penanggulangan obesitas yang perlu dilakukan di lapangan. Dari olahraga teratur, mengikuti pola makan sehat tanpa proses, mengurangi stres, dan menjalani gaya hidup yang tidak terlalu banyak bergerak dapat meningkatkan kualitas hidup dan mengalahkan obesitas.

Seperti yang dikatakan banyak orang, ini akan menjadi panggilan bagi orang-orang untuk merombak dan memperbaiki gaya hidup mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya