Sarapan Terbaik dan Terburuk untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi alpukat.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Secara global, 42,5 juta orang menderita diabetes dan jumlahnya diperkirakan akan meningkat menjadi 62,9 juta pada tahun 2045, sesuai dengan Federasi Diabetes Internasional.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat membuat Anda berisiko terkena penyakit serius yang berhubungan dengan ginjal, otak, dan jantung. Diabetes dapat merusak organ vital dan semua ini membuat pengendalian kondisi menjadi sangat penting.

Sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam sehari, terutama bagi penderita diabetes karena ini adalah makan pertama setelah berpuasa begitu lama. Hal ini membuat makanan saat sarapan menjadi faktor penting dalam menjaga kadar gula.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Berikut adalah daftar makanan yang harus ditambahkan ke sarapan harian Anda untuk mengelola kadar gula darah dilansir dari Times of India.

Sereal berserat tinggi dan rendah gula

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Sereal adalah salah satu pilihan sarapan paling favorit sepanjang masa. Tetapi penderita diabetes harus memastikan untuk memasukkan sereal berserat tinggi dan rendah gula dalam makanan mereka untuk mengatur kadar gula darah mereka.

Roti gandum utuh

Photo :
  • visualsonline.cancer.gov

Roti gandum utuh memiliki jumlah karbohidrat yang baik tetapi tidak diolah dan tidak manis. Ini mengandung serat, yang sangat penting dalam mengatur kadar gula darah.

Alpukat

Alpukat memiliki banyak lemak sehat. Anda dapat menambahkannya ke dalam potongan roti gandum untuk pilihan sarapan yang sehat. Beberapa pilihan sehat lainnya termasuk buah-buahan segar, telur dan gandum.

Pilihan sarapan yang harus dihindari penderita diabetes

Makanan dengan gula dan karbohidrat sederhana harus dihindari oleh orang yang kesulitan mengelola diabetesnya. Daftar makanan yang tidak boleh mereka pilih termasuk gula dalam teh / kopi, jus kemasan, smoothie buah, roti tepung olahan, sereal manis, wafel, pancake, selai manis seperti selai cokelat, kue kering, dikemas dan diproses makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya