Kenali Makanan yang Dapat Meningkatkan Stres, Hindari Ya

Ilustrasi depresi.
Sumber :
  • dw

VIVA – Selama puluhan tahun menunjukkan bahwa depresi, stres, kesepian, dan perilaku kesehatan yang buruk dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan efektivitas vaksin tertentu. 

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Depresi adalah suatu kondisi yang bisa teratasi jika penanganannya dimulai sesegera mungkin. Salah satu cara mengatasi depresi yang terbukti bisa mencegah kondisi ini menyerang kembali adalah terapi psikologi untuk pola pikir dan perilaku.

Perilaku bisa juga dengan gaya hidup dan pola makan Anda. Karena itu Anda bisa mengetahui makanan yang sebaiknya tidak sering dikonsumsi guna menghindari dari stres

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

Berikut ini dilansir dari Times of India, makanan yang dapat meningkatkan tingkat stres Anda

Gula

Gak Boleh Dipendam, Rasa Marah Bisa Memicu Gaya Hidup Tidak Sehat

Photo :
  • U-Report

Gula adalah hal pertama yang harus dihentikan dari diet untuk mengurangi tingkat stres Anda. Makan terlalu banyak gula dapat melepaskan lebih banyak kortisol, yang menyebabkan masalah tidur, mengganggu sistem kekebalan, sakit kepala, peningkatan tingkat stres, dan mengidam makanan yang tidak sehat.

Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan mungkin terasa enak tetapi tidak ada gunanya bagi tubuh Anda. Ini dapat menyebabkan kadar gula darah berfluktuasi yang dapat membuat Anda merasa mudah tersinggung dan murung.

Alkohol

Segelas anggur mungkin membuat Anda merasa lebih rileks setelah hari yang sibuk, tetapi minum lebih dari itu dapat menambah stres dalam hidup Anda. Ini karena minum terlalu banyak alkohol melepaskan hormon yang dapat membuat Anda merasa cemas dan stres.

Terlalu banyak kafein

Photo :
  • Times of India

Jika Anda meminum beberapa cangkir kopi dalam sehari, itu mungkin membuat Anda merasa lebih gelisah dan cemas. Konsumsi hanya satu cangkir sehari untuk menjauhkan stres.

Tepung olahan

Tepung putih yang juga disebut tepung olahan tidak memiliki serat dan merupakan karbohidrat murni. Itu mudah dicerna menyebabkan lonjakan kadar gula darah. Ini pada gilirannya melepaskan kortisol, menyebabkan stres.

Garam

Photo :
  • U-Report

Terlalu banyak garam dapat menyebabkan retensi air di dalam tubuh, yang menyebabkan tekanan darah tinggi, yang membuat jantung Anda lebih stres.

Daging olahan

Daging olahan artinya hot dog, sosis, dan dendeng. Untuk membuat produk ini enak dan tahan lama, pabrikan memuatnya dengan natrium dan aditif. Ini menurunkan tingkat energi Anda dan meningkatkan tingkat stres Anda.

Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng menurunkan tingkat energi dan meningkatkan stres Anda. Mengkonsumsinya bisa membuat Anda merasa lesu dan tidak nyaman. Anda dapat menggunakan metode memasak lain seperti memanggang, menumis, dan menggoreng dangkal daripada menggoreng.

Kontrol porsi adalah kunci dari segalanya. Anda dapat memiliki semua makanan yang disebutkan dalam daftar tetapi pastikan untuk tidak berlebihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya