Usai Vaksin COVID-19, Menkes Budi Gunadi: Jadi Pengin Makan Banyak

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Dok. Satgas PEN

VIVA – Bersamaan dengan Presiden Joko Widodo, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin termasuk dalam daftar pertama program vaksinasi COVID-19. Menkes menyebut bahwa tak ada efek samping berat yang dirasakannya, sama seperti tahap awal.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Diketahui, Menkes Budi telah mendapat vaksinasi tahap pertama pada tanggal 13 Januari 2021 kemarin. Usai dua pekan, suntikan dosis kedua kembali diberi untuk menambah kekebalan. Di tahap kedua ini, Menkes Budi menegaskan tak ada rasa sakit yang dialami.

"Sama enggak terasa sakit, seperti yang pertama, alhamdulillah sehat," ujarnya, Rabu 27 Januari 2021.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Mengenai efek samping, Menkes Budi berkelakar bahwa ada keinginan untuk makan terus-menerus. Selebihnya, tak ada efek samping berat yang dialaminya.

"Rasanya jadi pengin makan banyak. Enggak ada yang serius (efek samping)," selorohnya.

Joe Frank, Bangsawan Kerajaan Inggris yang Masuk Islam Gegara Wanita Indonesia

Di momen ini, Menkes mengingatkan bahwa vaksinasi bukan menjadi kunci yang membebaskan seseorang dari perilaku hidup bersih dan sehat serta himbauan 3M. Sebab, antibodi baru terbentuk cukup lama agar tubuh mampu melawan virus SARS-CoV-2 itu.

"Setelah suntikan kedua masih butuh waktu supaya antibodi terbentuk, mungkin dua minggu atau tiga minggu. Dan sesudah itu insha allah, risiko kita untuk tertular bisa lebih kecil dan para tenaga kesehatan bisa lebih tenang dalam bekerja," ungkapnya.

Kapten Vincent kena flu Singapura

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Kapten Vincent belum lama ini membagikan pengalaman kesehatannya yang mengkhawatirkan melalui akun Instagramnya. Vincent diketahui terkena penyakit flu Singapura.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024