Kandungan Cat Dinding Ampuh Tangkal Virus Corona di Rumah

Ilustrasi Virus Corona COVID-19
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Saat ini masyarakat diminta untuk tetap berada di rumah dan membatasi aktivitas di luar demi menghindari penyebaran virus corona atau COVID-19. Namun, meski hanya berada di rumah, kebersihan harus tetap menjadi prioritas.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Selain rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menjaga kebersihan rumah juga tak kalah penting. Salah satu cara mencegah perkembangbiakan kuman dan bakteri serta menghindari terjangkitnya virus adalah dengan menggunakan cat dinding antibakteri.

Menyadari kebutuhan konsumen ini, Mowilex meluncurkan produk cat antibakteri yang dibekali Silver Ion AG+.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

"Silver Ion AG+, 99,9 persen efektif melawan kuman penyakit, terutama virus, dan bakteri
penyebab infeksi,” ujar Novina Tjahjadi, Direktur dan Head of R&D PT Mowilex Indonesia dalam keterangan tertulis.

Kandungan Silver Ion sudah terbukti menjadi salah satu pertahanan yang efektif melawan berbagai kuman penyakit yang berupa bakteri dan virus. Hasil tes laboratorium independen berskala internasional menunjukkan silver ion dapat membunuh bakteri Staphylococcus aerus dan Escherichia coli (JIS Z 2801: Test for Antibacteria Activity dan Efficacy).

2 Keuntungan Bisa Didapat Konsumen dari Konsep Ini

Selain itu, silver ion juga efektif membunuh Human Coronavirus CoV-OC43 dan Eterovirus EV-A471, berdasarkan hasil test pengukuran aktivitas antivirus pada plastik dan permukaan tidak berpori lainnya (ISO 21702:2019).

Coronavirus CoV-OC43 yang digunakan dalam tes antivirus tersebut mirip dengan virus
penyebab penyakit pernapasan Severe Acute Respiratory Syndrom Coronavirus 2 (SARS-CoV-2), dan salah satu turunan dari Coronavirus yang menyebabkan SARS, Middle East Respiratory Syndrome (MERS), flu burung (H5N1), dan Covid-19. Sedangkan Eterovirus EVA471 adalah salah satu golongan Eterovirus yang menyebabkan penyakit hand, foot, and mouth disease (HFMD) yang pernah mewabah di kalangan anak-anak di Asia Tenggara.

Berbagai bakteri dan virus itu dapat ditangkal oleh Silver Ion, dengan cara mengikat lalu
memecah dinding sel bakteri atau virus. Setelah dinding sel berhasil ditembus, Silver Ion
merusak enzim metabolisme sel bakteri atau virus, sampai akhirnya sel tersebut mati.

Silver Ion juga mengikat untaian DNA sel bakteri atau virus dan menghentikan proses replikasi DNA-nya untuk mencegah sel tersebut berkembang biak. 
“Dengan adanya kandungan tersebut pada cat dinding
rumah maupun ruang bangunan lainnya, kami berharap kesehatan konsumen lebih terproteksi,” tambah Novina Tjahjadi.

Dengan demikian, lingkungan rumah pun lebih aman untuk anak-anak. Menurut dokter spesialis anak, dr Lucy Amelia,Sp.A, M.Kes bahwa lingkungan yang sehat berpengaruh terhadap perkembangan motorik dan sensorik anak.

“Anak membutuhkan rumah yang bersih agar tetap sehat dan aktif sehingga leluasa mengeksplorasi lingkungannya serta meningkatkan kemampuan dirinya," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya