Selain Cegah Kehamilan, Ini 5 Manfaat Mengejutkan Pil KB

Ilustrasi bercinta/pasangan.
Sumber :
  • Freepik/lookstudio

VIVA – Pil KB menjadi salah satu cara untuk menunda kehamilan bagi pasangan suami istri. Siapa sangka, khasiat pil KB juga mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat hingga seks yang bergairah. Penasaran?

3 Cara Bikin Pasangan Happy di atas Ranjang dan Gak Bosen Sama Kamu

BKKBN menyebutkan bahwa terdapat penurunan penggunaan kontrasepsi dan berdampak pada lebih dari 420 ribu kehamilan tidak direncanakan. Untuk itu, pemerintah menghimbau agar masyarakat disiplin dalam ber-KB dan menggunakan kontrasepsi untuk merencanakan kehamilan khususnya semasa pandemi.

Berbicara tentang kontrasepsi, memilih metode kontrasepsi yang tepat menjadi salah satu penentu kesuksesan program KB yang dijalani. Di masa pandemi ini, dimana akses terhadap pelayanan KB di klinik terbatas, pilih jenis KB yang mudah dijangkau untuk mempermudah proses penunda kehamilan.

Warga Kian Resah Dengan Maraknya Pelacuran di Jalanan Kota Ini

"Penggunaan kondom dan atau pil KB menjadi salah satu alternatif pilihan bagi masyarakat yang ingin ber-KB namun tidak memungkinkan pergi ke tempat pelayanan KB," ujar Brand Manager Andalan Kontrasepsi, Apt. Rony Syamson, S.farm, dalam keterangan tertulis Pil KB Andalan.

Selain mencegah kehamilan secara efektif hingga 99 persen apabila digunakan secara benar dan teratur, berkontrasepsi dengan menggunakan Pil KB juga memiliki berbagai manfaat seperti membantu menjaga kesehatan kulit, membantu mencegah kista indung telur, hingga membantu untuk menjaga keseimbangan hormon.

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

"Pil KB Andalan merupakan metode kontrasepsi oral yang paling diminati oleh jutaan perempuan di Indonesia. Pil KB Andalan mengandung hormon kombinasi ethinylestradiol (hormon estrogen) dan levonorgestrel (hormon progestin) yang sangat berguna bagi para perempuan," beber Ronny.

Pil KB menjadi salah satu metode perencanaan keluarga yang favorit bagi banyak perempuan di Indonesia setelah KB Suntik. Lantas, apa saja keunggulan dari Pil KB? Kenali 5 manfaat dari Pil KB sebagai berikut

Sangat efektif

Dengan tingkat kegagalan kurang dari 1 persen, pil KB efektif untuk menunda kehamilan apabila diminum secara teratur setiap harinya, pada jam yang sama. Andalan Postpil bisa menjadi back up plan dalam perencanaan keluarga, yang bisa digunakan apabila Ibu lupa memakai kontrasepsi, lupa suntik KB atau lupa meminum Pil KB.

Postpil dapat memberikan perlindungan dan mencegah kehamilan setelah berhubungan tanpa alat kontrasepsi apabila dikonsumsi paling lambat 5 hari atau 120 jam setelah berhubungan

Minimalisir nyeri menstruasi

Mengonsumsi Pil KB dapat mengurangi rasa sakit akibat menstruasi, beberapa dokter bahkan meresepkan Pil KB untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh endometriosis. Selain itu, dengan keseimbangan hormon yang dijaga oleh pil KB, membuat gairah seks tetap stabil.

Jaga kesehatan kulit

Dapat menyeimbangkan hormon, sehingga mampu mengurangi jerawat dan tidak menimbulkan flek pada wajah.

Seperti pil KB Elzsa yang mengandung hormon cyproterone acetate dan ethinilestradiol, cocok digunakan untuk perempuan masa kini karena memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mengurangi jerawat dan flek, tidak mengganggu berat badan, dan menjaga supaya menstruasi teratur.

Cegah kanker

Mengurangi risiko kanker ovarium. Sebuah riset terbaru yang dilakukan dengan melakukan kroscek data kesehatan terhadap 1,9 juta perempuan berumur 19 hingga 49 tahun, menemukan bahwa penggunaan Pil KB kombinasi yang memiliki kandungan hormon estrogen dan progesteron dapat mengurangi risiko kanker ovarium sebesar 21 persen.

Kesuburan

Mengembalikan kesuburan dengan cepat, apabila Ibu berhenti mengonsumsinya karena ingin hamil kembali. Dan terakhir, Pil KB yang beredar dipasaran saat ini memiliki kandungan hormonal yang rendah sehingga tidak akan mengganggu kesehatan perempuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya