Wanita Hamil Dapat Menerima Vaksin COVID-19 dengan Aman, Ini Kata WHO

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Stocksnap

VIVA – Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) mengubah pedoman untuk wanita hamil yang mempertimbangkan vaksin COVID-19, dan meninggalkan penolakan terhadap imunisasi untuk sebagian besar ibu hamil kecuali mereka berisiko tinggi.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Perubahan tersebut menyusul protes terhadap sikap WHO, sebelumnya, yang menyatakan bahwa organisasi tersebut “tidak merekomendasikan vaksinasi untuk wanita hamil” dengan vaksin yang dibuat oleh Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Beberapa ahli telah menyatakan kekecewaan pada Kamis lalu dengan posisi WHO sebelumnya. Para ahli mencatat bahwa itu tidak konsisten dengan panduan tentang masalah yang sama dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, dan akan membingungkan wanita hamil yang mencari nasihat yang jelas.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Vaksin yang dibuat oleh Pfizer-BioNTech dan Moderna, meskipun belum diuji pada wanita hamil, tidak menunjukkan efek berbahaya saat penelitian pada hewan. Dan teknologi yang digunakan dalam vaksin umumnya dikenal aman, kata para ahli.

“Berdasarkan apa yang kami ketahui tentang jenis vaksin ini, kami tidak memiliki alasan khusus untuk percaya akan ada risiko spesifik yang lebih besar daripada manfaat vaksinasi bagi wanita hamil.” Rekomendasi tersebut sekarang selaras dengan pendirian CDC dilansir dari nytimes.com.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Para ahli memuji pergeseran tersebut, menyambut kesepakatan antara organisasi kesehatan masyarakat terkemuka di dunia tentang masalah penting ini.

“Saya sangat senang melihat WHO mengubah panduan mereka terkait penawaran vaksin COVID-19 kepada wanita hamil, ” kata Dr. Denise Jamieson, seorang dokter kandungan di Universitas Emory dan anggota kelompok ahli Covid di American College of Obstetrics and Gynecology.

Asosiasi tersebut termasuk di antara banyak organisasi kesehatan wanita yang mendesak Pfizer dan Moderna untuk mempercepat pengujian vaksin pada wanita hamil.

“Semakin banyak WHO memberikan peluang penting bagi wanita hamil untuk mendapatkan vaksinasi dapat melindungi diri dari risiko parah COVID-19,” kata Dr. Jamieson. 

“Revisi cepat yang mengesankan ini oleh WHO adalah kabar baik bagi wanita hamil dan bayinya. "

Wanita hamil secara tradisional telah dikecualikan dari uji klinis, meninggalkan kekurangan data ilmiah tentang keamanan obat dan vaksin pada wanita dan anak-anak mereka yang belum lahir. Vaksin umumnya dianggap aman, dan wanita hamil telah didesak untuk diimunisasi untuk influenza dan penyakit lain sejak tahun 1960-an, meskipun tidak ada uji klinis yang ketat untuk mengujinya.

Pfizer sendiri akan menguji vaksinnya pada wanita hamil selama beberapa bulan ke depan, menurut juru bicara perusahaan. Sementara Moderna berencana membuat daftar untuk mengamati efek samping pada wanita yang diimunisasi dengan vaksinnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya