COVID-19 Picu Kerusakan Sperma, Ini 4 Cara Alami Tingkatkan Kesuburan

Sperma
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Seperti kita ketahui, dampak COVID-19 tidak terbatas pada sistem pernapasan saja. Makin banyak perkembangan akan dampaknya, termasuk penemuan virus SARS-CoV-2 yang dapat menyebabkan beberapa komplikasi terkait kesuburan pria

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Sebuah studi baru akhirnya menemukan hubungan antara virus corona dan kesuburan pria. Menurut penelitian yang dipublikasikan di Justus Liebig University Giessen, Jerman menemukan bahwa kasus COVID-19 yang parah dapat memengaruhi kualitas kualitas sperma, sehingga memengaruhi kesuburan pria. 

Studi lain yang diterbitkan dalam Asian Journal of Urology menemukan bahwa SARS-CoV-2 dapat memengaruhi kesehatan reproduksi pria, termasuk kegagalan spermatogenik. Tetapi, tak perlu khawatir, ada beberapa cara alami untuk meningkatkan kesuburan pria. Berikut caranya dikutip dari laman The Health Site.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Olahraga

Photo :
  • Kredivo
Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Olahraga tidak hanya membantu meningkatkan kadar testosteron, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup. Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Journal of Applied Psychology, pria yang berolahraga secara teratur memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan kualitas air mani yang lebih baik dibandingkan dengan pria yang tidak berolahraga.

Vitamin C

Photo :
  • U-Report

Anda mungkin tahu bahwa vitamin C adalah nutrisi penting yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi tahukah Anda bahwa vitamin C baik untuk kesuburan pria? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menyertakan vitamin C dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Juga dilaporkan bahwa suplemen vitamin C juga meningkatkan jumlah dan motilitas sperma (kemampuan tubuh untuk memindahkan makanan melalui saluran pencernaannya).

Fenugreek atau Methi

Bahan kuliner populer, fenugreek mengandung khasiat yang meningkatkan kesehatan seksual. Fenugreek merupakan salah satu jenis biji-bijian herbal yang biasa digunakan sebagai bumbu rempah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam International Journal of Sports Nutrition and Exercise Metabolism mempelajari data dari 30 pria. Mereka menyimpulkan bahwa pria yang mengonsumsi fenugreek dalam makanan mereka mengalami peningkatan kadar dan kekuatan testosteron yang signifikan. Studi lain menunjukkan bahwa mengonsumsi fenugreek secara teratur dapat membantu meningkatkan libido, kinerja dan kekuatan seksual

Ashwagandha atau gingseng india

Ramuan obat tradisional, ashwagandha dapat meningkatkan kadar testosteron, sehingga meningkatkan kesuburan pria. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen ashwagandha dapat membantu meningkatkan jumlah sperma, motilitas sperma, dan status antioksidan, yang semuanya baik untuk kesuburan pria.

Beberapa tips lain untuk meningkatkan kesuburan pria

Meskipun metode di atas dapat membantu, beberapa perubahan gaya hidup juga dapat membantu. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu.

Jalani gaya hidup sehat untuk meningkatkan kesuburan dan kesehatan secara keseluruhan dan hindari konsumsi alkohol karena dapat merusak kualitas air mani. Singkirkan kelebihan berat badan karena kelebihan berat badan atau obesitas juga dikaitkan dengan kemandulan. 

Tidur yang cukup juga penting untuk meningkatkan kesuburan. Hindari makan kedelai karena penelitian telah mengaitkan penggunaan kedelai dengan kualitas air mani yang lebih rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya