Minum Teh Ini Sebelum Tidur, Turunkan Berat Badan Hingga Kontrol Gula

Teh oolong
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Menurunkan berat badan tampak seperti sebuah perjuangan besar. Kabar baiknya, sekarang kamu bisa menurunkan berat badan tanpa perlu usaha keras, yaitu hanya dengan menikmati secangkir teh.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Ini mungkin terdengar mustahil. Namun, menurut penelitian terbaru yang dilakukan oleh Universitas Tsukaba, menemukan bahwa minum teh oolong sebelum tidur dapat membantu menurunkan berat badan. Kok bisa?

Ya, faktanya minum secangkir teh hangat bebas kafein, secara instan dapat membantu merilekskan saraf. Tapi, tidak semua jenis teh bisa membuat kamu tertidur. Maka dari itu, pemilihan jenis teh harus tepat.

Perubahan Penampilan Virgoun Bikin Netizen Pangling: Kurusan

Menurut penelitian, ditemukan bahwa teh oolong dapat membantu mempercepat metabolisme. Hasil pengamatan membuktikan, teh oolong memiliki efek positif pada metabolisme, yang selanjutnya dapat meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan mental.

Penelitian dilakukan pada 12 orang dewasa selama dua minggu untuk memahami pengaruh minum teh oolong terhadap metabolisme dan pembakaran lemak. Peserta yang dilibatkan antara kelompok usia 20 dan 56 tahun, yang dibagi menjadi 3 kelompok dan diberi campuran yang berbeda seperti kafein, oolong dan plasebo.

6 Olahraga Aman saat Menjalankan Puasa Ramadan

Hasil penelitian menunjukkan, mengonsumsi teh oolong dan minuman kafein mendorong pengurangan lemak minimal 20 persen. Setelah konsumsi teh oolong, para peserta juga mendapatkan pola tidur yang lebih baik dan membuat mereka mudah tertidur. 

"Efek stimulasi teh oolong pada pemecahan lemak selama tidur dapat memiliki relevansi klinis yang nyata untuk mengontrol berat badan. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami dampak teh oolong dalam jangka waktu yang lama," ujar ketua peneliti, Profesor Kumpei Tokuyama, dilansir Times of India, Rabu 3 Februari 2021.

Lebih dari itu, selain memudahkan tidur dan memperbaiki pola tidur yang tidak menentu, teh oolong juga dapat membantu meningkatkan metabolisme, mengelola kadar gula darah dan mengurangi pertumbuhan sel karena stres oksidatif. 

Selain itu, konsumsi teh oolong juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya