Kenali Gejala COVID-19, Menurut Variannya

Batuk dan pilek
Sumber :
  • Times of India

VIVA –  Akhir tahun lalu, varian COVID-19 baru terdeteksi di tenggara Inggris. Para ilmuwan dan profesional medis bekerja tanpa lelah untuk menentukan penyebab mutasi dan dilaporkan telah mengidentifikasi varian baru ini sebagai alasan di balik penyebaran virus yang lebih cepat.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Menurut laporan terbaru oleh Office for National Statistics (ONS), gejala COVID-19 lebih umum pada orang yang tertular jenis baru di Inggris. Karena itu, sesuai data yang dikumpulkan antara 5 November 2020 dan 16 Januari 2021, berikut adalah gejala COVID-19 paling umum terkait variannya.

Menurut pedoman NHS, yang dilansir dari Times of India, gejala yang paling umum diamati pada orang yang terinfeksi oleh jenis COVID-19 baru (varian Inggris) adalah demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, batuk, dan kelelahan.

Trik ala Tasya Kamila agar Anak Gak Gampang Sakit, Bisa Dicontek Bun!

Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa virus ini mungkin lebih menular daripada jenis aslinya, mengingat peningkatan jumlah kasus COVID-19 baru-baru ini di Inggris. Selain itu, strain Inggris yang baru dikatakan memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi dari sebelumnya. 

Demam

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Photo :
  • U-Report

Data terbaru yang dikumpulkan oleh Office for National Statistics (ONS) melaporkan bahwa sekitar 19 persen pasien COVID-19 yang terlibat dalam penelitian ini mengalami demam terkait dengan varian asli, sedangkan 22 persen kasus dikaitkan dengan jenis COVID baru.

Batuk

Pasien yang tertular varian baru menunjukkan persentase yang lebih tinggi mengalami gejala batuk dibandingkan mereka yang terinfeksi strain asli. Sesuai laporan, 28 persen berkontribusi pada varian asli, sementara 35 persen kasus berkontribusi pada varian Inggris.

Sesak napas

Sesak napas adalah salah satu gejala COVID-19 yang paling umum. Meskipun demikian, sedikit atau tidak ada perbedaan yang ditemukan pada orang yang menderita jenis asli atau jenis virus corona baru.

Nyeri otot

Photo :
  • U-Report

Dari orang yang terinfeksi jenis asli, 21 persen menunjukkan tanda-tanda nyeri otot, sementara 24 persen dari kasus yang terinfeksi jenis yang berasal dari Inggris rentan terhadap gejala yang sama.

Hilangnya indra penciuman dan pengecap

Tidak seperti gejala lain, hilangnya indra penciuman dan rasa adalah satu-satunya dua gejala yang lebih tinggi pada orang yang terinfeksi strain asli daripada individu yang tertular varian baru. Sekitar 19 persen dan 18 persen pasien dengan strain asli masing-masing mengeluhkan hilangnya indra penciuman dan rasa. 

Di sisi lain, dari mereka yang tertular jenis COVID-19 baru, 16 persen melaporkan kehilangan indra penciuman dan 15 persen mengeluhkan hilangnya rasa sebagai gejala.

Sakit kepala

Photo :
  • Times of India

Dalam hal sakit kepala sebagai gejala COVID-19, penelitian tersebut tidak menunjukkan perbedaan antara kedua jenis tersebut.

Sakit tenggorokan

Dengan 22 persen, sakit tenggorokan lebih tinggi pada orang yang tertular strain baru dibandingkan dengan 19 persen terkait dengan varian aslinya.

Gejala gastrointestinal

Studi ONS terbaru menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan persentase gejala gastrointestinal yang dialami oleh kedua kelompok varian.

Mengingat kerusakan yang ditimbulkan COVID-19 hingga saat ini, penting untuk tetap waspada dan bersiap menghadapi yang terburuk. Jika Anda terus-menerus batuk, demam, kelelahan, atau kehilangan indra penciuman dan perasa, Anda harus mendapatkan diagnosis yang sama.

Pisahkan diri Anda segera dan desinfeksi semua tempat yang pernah Anda sentuh untuk mencegah penyebaran virus. Selain itu, jika Anda mengalami nyeri dada yang berat, gangguan mental, sesak napas, dan komplikasi serius lainnya, segera dapatkan bantuan medis dan kunjungi rumah sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya