Bikin Perut Buncit Jadi Rata Tak Cukup Cuma Sit Up

Ilustrasi wanita olahraga.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Banyak yang meyakini bahwa olahraga sit up bisa membuat perut buncit menjadi rata. Padahal, mengempeskan perut yang membesar karena lemak tak cukup hanya dengan sit up.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Menurut Health and Nutrition Science Nutrifood, Rendy Dijaya Muliadi, S.Si, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga dengan menargetkan bagian tertentu bisa membakar lemak di bagian itu.

"Olahraga membakar lemak secara keseluruhan gak menargetkan bagian tubuh tertentu. Belum ada hasil penelitian yang menyimpulkan demikian," ujarnya dalam sesi webinar Nutriclass x AJI belum lama ini.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Sedangkan latihan yang fokus pada bagian tertentu, lanjut Rendy, bertujuan untuk perkembangan otot. Misalnya, seseorang yang ingin mendapatkan perut sixpack, harus melakukan sit up.

Sementara untuk membakar lemak, dengan latihan aerobik juga sudah cukup. Tapi, perlu diingat bahwa tingkat durasi dan intensitas harus ditingkatkan secara bertahap.

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Selain itu, perhatikan juga asupan makanan. Sebaiknya, jeda waktu makan 2-4 jam sebelum berolahraga. Jika waktu tidak memungkinkan, Rendy menyarankan, konsumsi makanan yang tidak terlalu berat.

"Kalau baru sempat konsumsi sesuatu dekat jam olahraga, jangan makan berat. Susu dan buah saja cukup, jangan terlalu banyak. Kalau olahraga gak begitu berat, 30 menit, gak ada asupan makanan gak masalah," kata dia.

Ilustrasi olahraga/push up.

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Pemanasan adalah serangkaian latihan ringan yang dilakukan sebelum berolahraga utama. Aktivitas ini membantu menyiapkan tubuh secara fisik dan mental untuk aktivitas yang

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024