Lagi, Inggris Temukan Dua Varian Baru Virus Corona, Berbahayakah?

Virus corona atau covid-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA –  Akhir tahun 2020 lalu, mutasi virus COVID-19 ditemukan di Inggris yang diberi nama "VUI 202012/01". Virus tersebut diketahui termasuk mutasi genetik pada protein "spike" yang dapat menjadi penyebab penyebaran virus secara cepat dan mudah di antara manusia.

5 Negara yang Pasok Senjata Terbesar ke Israel untuk Lawan Iran, AS Jadi yang Terbesar

Pasca beberapa bulan usai ditemukannya varian baru virus corona di Inggris. Baru-baru ini, Inggris kembali menemukan dua varian virus corona. 

Salah satu dari varian tersebut telah diklasifikasi dan telah diidentifikasi di Inggris dengan beberapa kesamaan dengan varian Afrika Selatan dan Brasil. Hal tersebut diungkapkan oleh komite ilmiah penasihat pemerintah Inggris, Selasa 9 Februari 2021. 

Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat

Dilansir dari laman Asiaone, salah satu varian baru, yang pertama kali diidentifikasi di Bristol, telah ditetapkan sebagai "Variant of Concern", oleh New and Emerging Respiratory Virus Threats Advisory Group. Sedangkan yang lainnya, yang pertama kali diidentifikasi di Liverpool, telah ditetapkan sebagai "Varian dalam Investigasi".

Varian baru yang ditemukan itu diketahui memiliki mutasi E484K, yang terjadi pada protein lonjakan virus, yang merupakan perubahan yang sama seperti yang terlihat pada varian Afrika Selatan dan Brasil yang telah menimbulkan kekhawatiran internasional.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Kesehatan Masyarakat Inggris saat ini telah mengidentifikasi 76 kasus varian baru, dan yakin bahwa vaksin akan bekerja melawan virus tersebut.

Ingat, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia masih tinggi. Untuk itu jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan dan lakukan 3M: Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Jauhi Kerumunan serta  Mencuci Tangan Pakai Sabun,

#pakaimasker
#jagajarak
#cucitangan
#satgascovid19
#ingatpesanibu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya