Obat Israel Diklaim Manjur 96 Persen Sembuhkan COVID-19

Ilustrasi vitamin, obat, suplemen
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Sejumlah negara di dunia diketahui tengah melakukan program vaksinasi COVID-19 untuk menekan jumlah kasus COVID-19 yang semakin meningkat setiap harinya. Di tengah program vaksinasi COVID-19, baru-baru ini para ilmuan di Israel menemukan sebuah obat yang diklaim sangat efektif dalam membasmi virus SARS-COV-2.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Dikembangkan oleh ilmuwan medis Israel, hasil awal dari salah satu uji coba yang dilakukan di rumah sakit Tel Aviv telah menunjukkan bukti mengejutkan bahwa obat tersebut, yang awalnya digunakan untuk mengobati kanker, dapat membantu 29 dari 30 pasien positif COVID-19 pulih jauh lebih cepat.

Menurut para ilmuwan, sementara rata-rata pasien COVID-19 sembuh dalam tiga-empat minggu, menggunakan obat itu.

Suka Pake Viagra Biar Genjreng di Ranjang? Hati-hati, Bisa Mengancam Jiwa

Dilansir dari laman Times of India, dari sampel pasien yang menggunakan obat kanker dapat membantu pasien dalam kelompok sampel untuk sembuh total dari virus hanya dalam waktu 4 hari.  Dan hanya satu dari pasien yang membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih.

Salah satu ilmuwan utama yang terlibat dalam penelitian tersebut, Profesor Arber juga mengatakan bahwa penemuan obat baru semacam itu dapat menurunkan beban komunitas medis, dengan atau tanpa pandemi hilang. 

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!

"Bahkan jika vaksin melakukan tugasnya, dan bahkan jika tidak ada mutasi baru, dengan satu atau lain cara, virus corona akan tetap bersama kami. Itulah mengapa kami mengembangkan obat khusus ini Ini belum pernah terjadi sebelumnya," ujar dia. 

Usut punya usut, obat yang disebut EXO-CD24, ini menurut para peneliti memiliki kemanjuran 96%, sebagaimana dibuktikan oleh studi awal. 

Obat baru yang dipelajari oleh para dokter di Rumah Sakit Ichilov di Tel Aviv, ini pada awalnya dikembangkan sebagai strategi pengobatan untuk kanker. Tetapi secara eksperimental diuji pada pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit dengan komplikasi virus korona sedang atau serius.

Obat eksperimental, yang telah digunakan kembali untuk pengobatan telah memberikan harapan baru bagi komunitas medis di seluruh dunia. Yang juga membuat obat ini menarik adalah harganya yang ekonomis dan penggunaannya yang mudah.

Menurut para ilmuwan Israel yang saat ini terlibat dalam studi ini, obat EXO-CD24 harus diberikan 5 hari berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Menurut penelitian, obat tersebut menggunakan 'eksosom', yang bekerja sebagai pembawa untuk mengangkut protein penting, CD24, yang membantu mengatur fungsi kekebalan ke paru-paru.

Respons kekebalan yang lebih tinggi dan fungsi vital akan membantu menghindari virus dan mempercepat jadwal pemulihan.

Di sisi lain, para ilmuwan juga mengatakan bahwa penyembuhan virus corona baru mungkin berpotensi membantu dalam membasmi badai sitokin, yang merupakan salah satu komplikasi umum terkait keparahan COVID dan dalam banyak kasus, kematian juga.

Hasil terobosan yang dibuktikan dalam studi klinis tidak hanya dielu-elukan sebagai terobosan medis yang besar, tetapi para ilmuwan juga telah mengajukan permohonan hibah untuk memperluas uji coba.

Ilmuwan Israel sekarang mengandalkan uji coba manusia lebih lanjut dan penelitian ekstensif untuk mempelajari seberapa baik obat, yang awalnya dikembangkan untuk melawan kanker ovarium dapat bekerja pada pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit.

Uji coba telah direncanakan pada ratusan pasien sekarang, dengan hasil yang akan dibandingkan dengan plasebo dan obat COVID-19 lain yang saat ini digunakan.

Untuk diketahui, hingga saat ini, belum ada obat penawar virus korona yang berhasil dibuat secara global. Sementara sebagian besar vaksin COVID-19 dibuat secara eksperimental, obat pengobatan yang digunakan saat ini, seperti Tocilizab, Favipiravir, Remdesivir semuanya telah digunakan kembali untuk digunakan - dan memiliki risiko efek samping.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya