Awas, Tempat-tempat Ini Risiko Besar Penularan COVID-19

Transportasi umum waspada COVID-19
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sejak wabah virus corona baru, 'jarak sosial', 'karantina' dan 'isolasi diri' adalah istilah yang ditambahkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat kasus COVID-19 yang terus meningkat, praktik kata-kata ini menjadi sangat penting. Tak perlu dikatakan, pandemi tidak hanya mengganggu fisik kita tetapi juga kesehatan mental kita.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Meskipun demikian, dengan munculnya varian COVID-19, menjadi lebih penting untuk tetap waspada dan melindungi diri kita sendiri dan orang yang kita cintai dari hal yang sama. Sementara vaksin sedang diluncurkan, penyebaran virus berada di tangan kita sendiri.

Selain menjaga jarak sosial, kita juga harus menghindari area berisiko tinggi yang dapat memfasilitasi penyebaran COVID-19 lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa tempat berisiko tertinggi terjadinya penularan COVID-19 dikutip dari Times of India.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Pertemuan keluarga dan pesta rumah

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Meskipun Anda mungkin merasa aman di sekitar keluarga dan teman, tidak ada jaminan bahwa Anda tidak akan tertular COVID-19 dari mereka. Mengingat infeksi SARs-COV-2 tidak membeda-bedakan dua orang atau lebih, kemungkinan dapat tertular virus pada pertemuan keluarga atau pesta di rumah yang diselenggarakan oleh teman. 

Oleh karena itu, Anda harus mencoba menghindari pertemuan seperti itu dan harus belajar untuk mengatakan 'tidak' jika partai tidak mengikuti norma jarak sosial. Bagaimanapun juga, Anda dapat membawa virus itu sendiri dan dapat menularkannya ke yang paling rentan.

Acara publik

Salah satu area paling menular dan berisiko tinggi untuk COVID-19 adalah tempat-tempat ramai. Konser, pesta larut malam, acara penghargaan, dan banyak lagi acara lainnya memfasilitasi penyebaran infeksi COVID-19 yang lebih cepat. 
Mengingat bahwa beberapa orang dapat asimtomatik dan mungkin menunjukkan gejala ringan hingga tanpa gejala, Anda mungkin menghadapi kesulitan dalam mendeteksi infeksi dan mencegah diri Anda tertular sama. Meskipun demikian, sebaiknya hindari acara publik semacam itu.

Kafe, bar dan restoran dalam ruangan

Penguncian mungkin telah mengganggu ketenangan pikiran,  dan kafe, restoran, dan bar mungkin terlihat sepi, tetapi mengingat kasus COVID-19 masih meningkat, Anda harus menghindari mengunjungi tempat-tempat seperti itu. Meskipun jarak sosial bukan lagi aturan, tempat-tempat ini mungkin menjadi beberapa hotspot untuk COVID-19.

Pusat perbelanjaan

Bahkan di tengah pandemi, kebutuhan untuk berbelanja dan membeli barang kebutuhan pokok tetap ada. Namun, pusat perbelanjaan bisa menjadi sangat berbahaya, mengingat sejumlah besar orang mengunjungi tempat tersebut selama musim liburan dan perayaan. 

Sadar atau tidak, kita mungkin membuat permukaan terkontaminasi keras dan terus menginfeksi area lain yang sering disentuh. Oleh karena itu, mengenakan masker, melatih jarak sosial, dan mendisinfeksi permukaan yang sering disentuh adalah suatu keharusan.

Gedung bioskop

Sementara bioskop telah dibuka kembali, wajar jika orang mengunjunginya. Tetapi orang harus berhati-hati karena itu juga bisa menjadi tempat di mana Anda dapat tertular virus. Ingat, hanya karena area publik tertentu telah dibuka, bukan berarti aman untuk dikunjungi.

Angkutan umum

Transportasi umum seperti jalur penyelamat yang sangat penting dan memungkinkan orang untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain. Namun, meski tersedia dan murah, banyak orang terpapar risiko berkepanjangan tertular infeksi COVID-19. Meskipun demikian, seringnya mencuci tangan dan sanitasi penting untuk menghindari penularan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya