Berkaca dari Demi Lovato, Ini Penyebab Stroke dan Jantung saat Muda

Demi Lovato
Sumber :
  • instagram.com/ddlovato

VIVA – Penyanyi asal Amerika Serikat, Demi Lovato, menceritakan salah satu pengalaman pahit dalam hidupnya. Setelah overdosis di tahun 2018, wanita bernama lengkap Demetria Devonne Lovato itu mengalami serangan jantung dan tiga kali stroke.

Sadis! Suami Bakar Istri di Jayapura Gara-gara Sakit Stroke

Padahal, usianya masih tergolong muda yaitu 28 tahun. Jika dua penyakit tersebut menyerang pada 2018 lalu, itu berarti pelantun Sorry Not Sorry tersebut masih berusia 26 tahun.

Lalu, apa penyebab serangan jantung dan stroke bisa menyerang di usia muda? Berikut penjelasan selengkapnya.

Ini Akibat Jarang Scaling Gigi yang Perlu Anda Ketahui!

Dilansir dari Meridian Health, Kamis, 18 Februari 2021, penelitian yang dipresentasikan di konferensi American College of Cardiology pada 2019 menyoroti ada peningkatan insiden serangan jantung pada orang dewasa yang lebih muda.

Ini adalah penelitian pertama yang membandingkan antara orang yang selamat dari serangan jantung antara usia 41-50 tahun, dengan yang selamat dengan usia 40 tahun atau yang lebih muda.

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

Dari penelitian ini didapat bahwa proporsi orang dewasa di bawah 40 tahun yang mengalami serangan jantung meningkat 2 persen setahun selama 10 tahun terakhir.

Beberapa faktor yang menyebabkan serangan jantung menyerang usia muda, antara lain penyalahgunaan zat atau konsumsi alkohol yang berlebihan, merokok, tekanan darah tinggi atau hipertensi, kurang aktivitas fisik, diabetes dan menjalani diet yang buruk.

Sementara pada stroke, fakta mengungkap, penderita stroke pada usia tua menurun, sebaliknya mengalami peningkatan pada mereka yang berusia lebih muda. Sekitar 15 persen stroke menyerang orang yang berusia di bawah 45 tahun, dengan jumlah yang setara antara pria dan wanita.

Tidak jauh berbeda, pada kasus stroke, beberapa alasan yang menyebabkan penyakit ini diderita oleh mereka yang berusia muda, antara lain tekanan darah tinggi atau hipertensi, kolesterol tinggi, merokok, kegemukan atau obesitas, dan orang yang menderita diabetes tipe 1 dan 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya