Ampuh Bunuh COVID-19, Perhatikan 3 Hal Ini saat Pilih Hand Sanitizer

Bakteri / virus
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA – Pandemi COVID-19 belum berakhir. Bahkan belakangan deretan penderitanya justru semakin bertambah banyak. Maklum, SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, memang terkenal sangat mudah menular. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Baik lewat droplet maupun permukaan berbagai benda yang sebelumnya telah terkontaminasi, menjadi pemicu utama penularan. Itu sebabnya, dianjurkan tindakan untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Diperlukan juga kebiasaan baru seperti rajin mensterilkan tangan dengan hand sanitizer ketika sulit menemukan tempat untuk mencuci tangan. Serta, mensterilkan udara di ruangan dan rutin membersihkan berbagai permukaan benda dengan menggunakan cairan disinfektan. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Sayangnya tidak semua jenis hand sanitizer dan disinfektan mampu membunuh virus penyebab COVID-19. Lantas, apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih hand sanitizer dan disinfektan yang ampuh membunuh virus corona jenis baru itu? Berikut faktanya.

Data valid

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Pasalnya di dunia ini ada begitu banyak jenis virus dan bakteri, sehingga ketika suatu produk meng-klaim dapat membunuh suatu jenis virus atau bakteri, maka dibutuhkan tes laboratorium terlebih dahulu. Berangkat dari situ, Germ Killer yang merupakan produk hand sanitizer dan disinfektanasal Singapura melakukan tes laboratorium.

"Dari hasil tes laboratorium yang dilakukan oleh Analytical Lab Group (ALG), Amerika, ditemukan fakta bahwa hand sanitizer seperti Germ Killer terbukti mampu membunuh SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19 dalam waktu kurang dari 1 menit. Hal ini tentu sangat menggembirakan, karena dengan demikian kami bisa ikut berpartisipasi memutus rantai penyebaran COVID-19," kata Sales Manager PT Hiutama Global Prima, selaku distributor GERM KILLER di Indonesia, Yusar Surya Putra, dikutip dari keterangan pers.

Bebas alkohol

Penggunaan alkohol bisa membahayakan, apalagi jika dipakai oleh kelompok anak saat mencuci tangan atau barang yang terpapar pada bayi. Untuk itu, cara paling aman dalam memilih hand sanitizer serta disinfektan adalah dengan tanpa kandungan alkohol.

Germ Killer itu sendiri merupakan cairan disinfektan dan hand sanitizer yang alcohol free atau bebas alkohol. Dikembangkan dengan menggunakan air dan senyawa quats sebagai bahan utamanya, sehingga tidak mudah terbakar dan mampu membunuh kuman hingga 99.9999 persen, tanpa membuat tangan kering atau menimbulkan iritasi pada kulit sensitif sekalipun. 

Efektif bunuh mikroorganisme lain

Luar biasanya, berdasarkan hasil test dari berbagai lembaga resmi dan Micro Biotest di Amerika, Germ Killer ternyata tak hanya efektif membunuh virus penyebab COVID-19, tapi juga jamur, bakteri, dan berbagai virus lainnya yang gampang menular.

Di antaranya H1N1 (penyebab influenza), HFMD (penyebab flu singapura), serta Human Corona Virus 229E (penyebab pneumonia).
 
“Perlu diketahui, semua produk telah lolos uji toxic sehingga tergolong Medical Grade Disinfectant. Artinya 100 persen aman untuk penggunaan sehari-hari,” tutur Yusar. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya