Rusia Laporkan Kasus Flu Burung Pertama pada Manusia

Flu burung lewat unggas
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Rusia telah mendaftarkan kasus pertama dari jenis virus flu burung bernama A (H5N8) yang ditularkan ke manusia dari unggas dan telah melaporkan masalah tersebut ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

5 Negara yang Bakal Jadi Medan Perang Jika Perang Dunia III Pecah, Indonesia Gimana?

Kepala Pengawas Kesehatan Konsumen Rospotrebnadzor, Anna Popova mengatakan pada Sabtu, 20 Februari 2021 waktu setempat.  Wabah strain H5N8 telah dilaporkan di Rusia, Eropa, Cina, Timur Tengah dan Afrika Utara dalam beberapa bulan terakhir tetapi sejauh ini hanya pada unggas.

Strain lain - H5N1, H7N9 dan H9N2 - telah dikenal di sini) untuk menyebar ke manusia. Rusia melaporkan kasus infeksi manusia ke WHO.

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

"Beberapa hari yang lalu, tepat saat kami benar-benar yakin dengan hasil kami," kata Popova di TV pemerintah Rossiya 24 dikutip dari Times of India. Belum ada tanda-tanda penularan antar manusia, tambahnya.

Tujuh pekerja di sebuah pabrik unggas di selatan Rusia telah terinfeksi strain H5N8 dalam wabah di pabrik pada bulan Desember, kata Popova, menambahkan bahwa individu yang terlibat merasa baik-baik saja sekarang. 

Rusia Kirim Kapal Perang Rudal Supersonik untuk Lindungi Iran dari Serangan Musuh

“Situasi ini tidak berkembang lebih jauh,” ujarnya. 

Dalam sebuah email, WHO mengatakan telah diberitahu oleh Rusia tentang kasus infeksi manusia dengan H5N8 dan mengakui ini akan terjadi jika dikonfirmasi menjadi yang pertama kalinya strain itu menginfeksi orang.

“Informasi awal menunjukkan bahwa kasus yang dilaporkan adalah pekerja yang terpapar kawanan burung,” kata email tersebut. “Mereka tidak menunjukkan gejala dan tidak ada penularan dari manusia ke manusia yang dilaporkan.

“Kami sedang berdiskusi dengan otoritas nasional untuk mengumpulkan lebih banyak informasi dan menilai dampak kesehatan masyarakat dari acara ini,” tambah email tersebut.

Mayoritas infeksi flu burung pada manusia telah dikaitkan dengan kontak langsung dengan unggas hidup atau mati yang terinfeksi, meskipun makanan yang dimasak dengan benar dianggap aman.

Wabah flu burung seringkali membuat pabrik unggas membunuh unggasnya untuk mencegah penyebaran virus, dan menghindari negara pengimpor harus memberlakukan pembatasan perdagangan.

Sebagian besar kasus disebarkan oleh burung liar yang bermigrasi, sehingga negara produsen cenderung menyimpan unggasnya di dalam ruangan atau terlindung dari kontak dengan satwa liar.

Institut Vektor Siberia mengatakan pada Sabtu bahwa mereka akan mulai mengembangkan tes manusia dan vaksin melawan H5N8, kantor berita RIA melaporkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya