Kareena Kapoor Melahirkan di Usia 40 Tahun, Apa Bahayanya?

Ilustrasi melahirkan bayi.
Sumber :
  • Pixabay.com/cynthia_groth

VIVA – Artis Bollywood, Kareena Kapoor baru saja melahirkan anak keduanya dari sang suami, Saif Ali Khan. Meski kabar tersebut memberi kebahagiaan bagi keluarganya, namun hal itu juga cukup mengejutkan lantaran artis cantik itu melahirkan di usia yang tak lagi muda, yakni 40 tahun.

Alyssa Soebandono Unggah Foto Anak Ketiga yang Baru Lahir dan Ungkap Namanya

Anak kedua Kareena Kapoor dan Saif Ali Khan berjenis kelamin laki-laki yang lahir pada Minggu, 21 Februari 2021 kemarin. Kabar itu dikonfirmasi oleh sang ayah, Randhir Kapoor yang mengaku sangat bahagia.

"Memang benar Kareena telah dikaruniai seorang bayi laki-laki. Kami semua sangat senang dengan berita ini. Kami sedang dalam perjalanan ke Breach Candy Hospital, tempat dia melahirkan anak keduanya," ujar Randhir.

Selamat! Dude Harlino dan Alyssa Soebandono Dikaruniai Anak Ketiga

Risiko melahirkan di usia 40 tahun

Bicara mengenai kehamilan di usia yang tak lagi muda, memang memiliki sejumlah risiko yang patut diwaspadai. Pakar menyebut, kehamilan dan melahirkan di usia 40 tahun berisiko besar untuk mengalami tekanan darah tinggi atau preeklampsia, diabetes gestasional, cacat bayi, keguguran, berat bayi lahir rendah, hingga kehamilan ektopik.

Sambut Kelahiran Anak Pertama, Yakup Hasibuan: Semua, Mama, Kakak-kakak Nangis

Dikutip dari laman Healthline, Bahkan dengan semua fasilitas canggih yang kini tersedia, tingkat kesuburan wanita menurun secara signifikan setelah usia 35 tahun. Menurut Kantor Kesehatan Wanita, sepertiga pasangan setelah usia 35 tahun mengalami masalah kesuburan.

Pemicu

Masalah kesuburan ini mungkin disebabkan oleh faktor risiko yang meningkat seiring bertambahnya usia yakni jumlah sel telur yang menurun ataupun kualitas sel telur yang tak lagi maksimal. Tak hanya itu, ovarium yang tak dapat melepas sel telur dengan baik dapat meningkatkan risiko keguguran.

Penanganan tepat

Meskipun secara statistik lebih sulit untuk hamil setelah usia 40 tahun, kehamilan itu sendiri juga bisa menjadi lebih menantang seiring bertambahnya usia. Apalagi, kondisi pandemi kerap membuat banyak ibu enggan berkonsultasi secara langsung dengan dokter kandungannya.

Saat kehamilannya, mungkin seorang ibu akan mengalami lebih banyak rasa sakit dan nyeri karena persendian dan tulang yang sudah mulai kehilangan massa seiring bertambahnya usia. Para ibu juga lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi dan diabetes gestasional. Kelelahan yang berhubungan dengan kehamilan juga semakin terasa seiring bertambahnya usia.

Penting untuk berbicara dengan dokter spesialis kandungan tentang kesehatan Anda secara keseluruhan. Kontrol rutin dan monitor secara mandiri akan tingkat tekanan darah dan gula darah sangat dianjurkan untuk mencegah komplikasi. Terakhir, pola hidup sehat dengan konsumsi gizi seimbang perlu dijalani dengan tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya