Kaki Sering Terasa Dingin, Bisa Pertanda Ada Masalah Kesehatan

Kaki kedinginan
Sumber :
  • dailystar

VIVA –  Apakah kaki Anda sering terasa sedingin es? Meskipun mereka mungkin terpengaruh oleh dinginnya musim, itu juga bisa menjadi tanda Anda sedang berjuang melawan masalah kesehatan.

Kolesterol Hingga Diabetes Bermunculan Usai Lebaran? Dokter Ungkap Penyebab dan Cara Atasinya

Harvard Health menjelaskan bahwa kaki dingin dapat menjadi "respons normal tubuh" bagi sebagian orang. "Beberapa peneliti percaya bahwa memiliki kaki yang dingin adalah sifat yang diwariskan," tulis situs web mereka.

Meskipun demikian, ada kalanya jari kaki yang kedinginan dapat menunjukkan masalah kesehatan. Harvard Health menambahkan, "Dua dari penyebab paling umum dari kaki dingin adalah penurunan sirkulasi di ekstremitas atau masalah dengan sensasi saraf."

Segar dan Wangi, Inilah Khasiat Daun Mint untuk Penderita Diabetes

Dikutip dari Daily Star, Dina Gohil, pendiri DG Podiatrist, di London, juga menyoroti bagaimana kaki dingin dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Dia mengatakan, kondisi ini terkadang menjadi indikator sirkulasi yang buruk seperti anemia, diabetes atau hipotiroidisme.

5 Penyakit yang Sering Mengintai Usai Lebaran, Jangan Terlena Makan Opor dan Kue Kering!

“Kaki dingin biasanya disebabkan oleh sirkulasi yang buruk di dalam tubuh yang berarti darah hangat mungkin tidak mengalir ke kaki Anda secara teratur. Oleh karena itu kaki Anda pasti akan terasa lebih dingin daripada bagian tubuh lainnya," kata dia.

Dina menambahkan, “Namun ada alasan lain untuk kaki dingin, yang meliputi; anemia, diabetes, fenomena Raynaud, hipotiroidisme, dan penyebab lain yang kurang umum. "

Jika Anda khawatir tentang kaki dingin dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi kesehatan Anda, temui dokter untuk mendapatkan nasihat.

Dina Gohil juga merekomendasikan metode berikut untuk menjaga jari-jari kaki Anda tetap hangat:

Pijat kaki untuk meningkatkan sirkulasi
Kenakan kaus kaki yang lebih hangat seperti wol merino, bukan katun
Kenakan alas kaki yang menahan panas
Cobalah alas kaki termal
Cobalah penghangat kaki
Kenakan alas kaki waterpoof saat hujan
Kurangi kafein karena "ini menyebabkan pembuluh darah Anda mengerut, yang dapat membatasi aliran darah ke ekstremitas".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya