Konsumsi Jus Tomat Setiap Hari Ampuh Redakan Tekanan Darah Tinggi

Jus tomat
Sumber :
  • https://www.express.co.uk/

VIVA – Mengubah pola makan secara signifikan dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat menurunkan tekanan darah, baik secara langsung maupun dalam jangka panjang, seperti jus tomat.

Kurang Tidur Saat Puasa, Bisa Picu Kenaikan Kadar Kolesterol, Kok Bisa?

Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa minum satu gelas jus tomat per hari dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Wiley Online Library, terbukti jus tomat tanpa garam dapat membantu meningkatkan tekanan darah, menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular pada penduduk Jepang.

Sebanyak 481 penduduk lokal di Kuriyama, Jepang, terdaftar dalam penelitian ini. Sepanjang tahun penelitian, mereka diberi jus tomat tanpa garam, sebanyak yang mereka inginkan

Suka Hangatkan Makanan Sisa Buka untuk Sahur? Hati-hati Bisa Sebabkan Masalah Serius Ini

Studi ini menemukan bahwa asupan jus tomat tanpa garam meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik serta kadar LDL-C serum pada penduduk lokal Jepang yang berisiko mengalami kondisi kardiovaskular. Namun, para ahli berhati-hati atas temuan tersebut.

Victoria Taylor, ahli diet senior di British Heart Foundation, mengatakan diperlukan lebih banyak penelitian untuk secara akurat mewakili manfaat kesehatan dari jus tomat.

Tanpa Disadari, Konsumsi Makanan Ini saat Buka Puasa Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol

“Populasi Jepang mungkin berbeda dengan negara lain, jadi kita tidak boleh menggeneralisasi," ujarnya, dikutip dari laman Express UK.

Lantas, apa saja manfaat tomat untuk pengidap tekanan darah tinggi? Berikut rangkumannya.

Membasmi natrium

Kendati demikian, kita tahu dalam seporsi tomat 100 gram mengandung 237 mg potasium. Kalium itu membantu meniadakan efek buruk natrium.

Untuk orang dengan tekanan darah tinggi, sering disarankan untuk mengurangi garam atau sumber natrium karena kelebihan natrium menggoyahkan keseimbangan air dalam tubuh, yang dapat memberikan tekanan pada pembuluh darah.

Bersifat diuretik

Tomat juga memiliki sifat diuretik, yang membuat Anda mengeluarkan kelebihan natrium melalui urin. Dengan begitu, sangat disarankan konsumsi tomat untuk membuang kelebihan natrium di tubuh.

Minuman yang perlu dihindari

Kafein dalam kopi, teh, cola, dan minuman berenergi dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah jangka pendek.Faktanya, sebuah penelitian menemukan bahwa minum hingga dua cangkir kopi kental dapat meningkatkan tekanan darah sistolik dan diastolik selama tiga jam setelah dikonsumsi.

Selain itu, mengkonsumsi anggur merah dalam jumlah sedang mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi alkohol dalam jumlah besar dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah secara dramatis. Penggunaan alkohol yang berlebihan juga meningkatkan risiko gagal jantung, stroke, kanker, dan obesitas.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya