3 Jenis Sakit Kepala Harian dan Cara Perawatannya

Sakit kepala
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Sangat normal untuk mengalami sakit kepala dari waktu ke waktu karena berbagai alasan. Masalahnya dimulai ketika sudah menjadi hal yang biasa dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Sakit kepala dianggap kronis bila Anda mengalaminya secara rutin. Seseorang mungkin mengalami nyeri ringan hingga parah yang mungkin tidak pernah hilang sepenuhnya.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Sakit kepala cukup rumit daripada yang diperkirakan kebanyakan orang. Ada bermacam-macam jenis sakit kepala kronis dan masing-masing memiliki gejala, pemicu, dan memerlukan pengobatan yang berbeda. 

Untuk menanganinya dengan cara yang lebih baik, penting untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai jenis sakit kepala harian. Berikut 3 jenis utama sakit kepala dan cara menanganinya dikutip dari Times of India.

Microsleep Intai Pemudik Bisa Sebabkan Kefatalan, Apa yang Perlu Dilakukan?

Sakit kepala karena tegang kronis

Sakit kepala tegang kronis adalah jenis sakit kepala paling umum yang dialami orang. Ini terjadi karena kontraksi otot-otot di dahi, yang dapat menyebabkan nyeri tumpul dan nyeri di kedua sisi kepala. Sakit kepala tegang ringan sampai sedang dalam hal nyeri dan tidak mengganggu kehidupan sehari-hari karena nyeri hebat yang berhubungan dengan migrain bisa. 

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi di Bulan Ramadhan, Saat Berbuka Puasa atau Sahur?

Suara keras, asap, dan layar biru cerah dari gadget semuanya dapat menyebabkan sakit kepala tegang. Bahkan dehidrasi bisa menjadi alasannya. Minumlah air yang cukup dalam sehari dan istirahatlah dari pekerjaan Anda setelah jeda yang sering untuk menghindari hal ini.

Migrain kronis

Sakit kepala migrain biasanya hanya dirasakan di satu sisi kepala. Ini sebagian besar adalah kelainan genetik yang disebabkan karena disregulasi neurotransmitter, peradangan dan aktivitas listrik yang bersemangat di otak. 

Orang yang menderita sakit kepala jenis ini biasanya mengalami sakit menusuk, yang bisa berlangsung selama berhari-hari. Sakit kepala migrain juga meningkatkan kepekaan terhadap cahaya, suara, dan bau. 

Sakit kepala ini umumnya merupakan gangguan episodik dan bahkan dapat disebabkan karena beberapa faktor gaya hidup seperti penggunaan berlebihan obat sakit kepala yang diresepkan atau dijual bebas (OTC). Untuk mengelola kondisi ini, seseorang harus tahu apa yang memicu sakit kepala mereka - alkohol, diet atau stres dan mereka harus berusaha menghindarinya.

Sakit kepala karena kafein

Photo :
  • Times of India

Seperti namanya, sakit kepala karena kafein dipicu oleh asupan kafein yang berlebihan dalam sehari. Kandungan kafein yang ada di dalam kopi memengaruhi aliran darah di otak kita.

Terlalu banyak mengonsumsi dalam sehari dapat memicu sakit kepala karena kafein dan berhenti secara tiba-tiba dapat memiliki efek yang sama. Orang yang sering mengalami migrain sebagian besar dipicu karena kafein. Untuk menghindarinya, konsumsi kafein secukupnya. 250 ml kopi, dua kali sehari sudah lebih dari cukup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya