Kapan Pandemi COVID-19 di Indonesia Akan Berakhir?

Ilustrasi virus corona COVID-19
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Maret 2021, tepat satu tahun setelah pemerintah mengumumkan temuan kasus COVID-19 di Indonesia. Sejak Maret pula sejumlah program telah dilakukan pemerintah untuk menghentikan penyebaran virus corona di tengah masyarakat.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Terbaru, pada pertengahan Januari 2021 lalu, pemerintah Indonesia mulai melakukan program vaksinasi. Dengan adanya program vaksinasi COVID-19 memberikan harapan pandemi ini akan segera berakhir.

Sejumlah prediksi akan berakhirnya pandemi ini bermunculan misalnya saja, bloomberg yang menyebut pandemi COVID-19 ini bisa berakhir dalam waktu 10 tahun. Lantas bagaimana di Indonesia?

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Adib Khumaidi, SpOT menjelaskan, untuk mengetahui kapan pandemi COVID-19 ini bisa berakhir di tanah air didasarkan pada sejumlah faktor, mulai dari penurunan angka positif, penurunan okupansi rate hingga case fatality rate.

Menurutnya, tidak hanya bisa dilihat dari angka positif rate-nya yang menurun saja. Tapi juga harus dilihat dari okupansi rate, melihat juga case fatality rate-nya lalu melihat recovery rate-nya.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

"Artinya indikator itulah yang menjadi patokan kita sambil melihat fluktuasi agar kita bisa memastikan," kata Adib dalam Virtual Meeting 1 Tahun Pandemi COVID-19 di Indonesia, Senin 1 Maret 2021.

Dijelaskan Adib lebih lanjut, meskipun saat ini kecenderungan angka positif turun dari data okupansi rate yang dilaporkan di rumah sakit. Namun, hingga saat ini masih belum bisa dipastikan apakah pandemi ini bisa berakhir di tahun ini. Mengingat juga angka perawatan pasien COVID-19 di ICU saat ini masih tinggi

"Tapi turun di ruangan isolasi yang merawat gejala sedang, tapi angka perawatan di ICU masih ada walaupun tidak sesulit mencari ICU di bulan Januari angka hunian di ICU masih tinggi di pasien COVID jadi kita belum bisa memprediksikan untuk tahun ini," jelas Adib.

Namun demikian, Adib menyebut jika upaya 3T (tracking, tracing dan treatment) yang maksimal serta program vaksinasi dapat berjalan dengan baik pandemi ini bisa dapat melihat kapan pandemi ini bisa selesai di Indonesia.

"Tapi kita berharap sinergi kalau upaya 3T bisa dimaksimalkan ditambah dengan program vaksinasi yang berhasil dengan baik. Maka herd immunity ini bisa kita capai dalam satu tahun ini, kemudian kita bisa liat kurva ini bisa melandai ataukah akan naik kembali," kata Adib.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya