Cerita Raisa Andalkan Akses Telemedicine Saat Pandemi COVID-19

Raisa dan Hamish Daud.
Sumber :
  • Instagram @raisa6690

VIVA – Era pandemi mengubah banyak hal, termasuk dalam hal mengakses fasilits kesehatan. Hal yang sama turut dirasakan oleh penyanyi cantik Raisa Andriana yang mengaku mendapatkan manfaat luar biasa dari teknologi canggih di dunia medis tersebut.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menjadi penyanyi yang masih aktif di dunia hiburan, serta ibu satu anak, memberi tantangan tersendiri bagi istri Hamish Daud itu. Dikatakan Raisa, peran telemedicine untuknya sangat beragam, termasuk konsultasi untuk putri semata wayangnya.

"Kami menyadari bahwa kesehatan itu dimulai dari rumah. Dengan aplikasi ini (telemedicine), kami sangat terbantu dengan beragam layanan, mulai dari dokter spesialis anak, kulit, THT, sampai dokter hewan," ujar Raisa, dalam acara peluncuran aplikasi Good Doctor secara virtual, Senin 1 Maret 2021.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Di kesempatan yang sama, Ketua PB IDI, dr. Daeng M Fiqih menuturkan bahwa pemilihan pelayanan kesehatan oleh masyarakat memang masih sangat rendah.

Ditambah dengan faktor pandemi, membuat akses sulit dijangkau, sehingga menambah keengganan masyarakat untuk datang ke fasilitas kesehatan terdekat. Untuk itu, teknologi canggih yang mampu mengakses fasilitas kesehatan sangat diperlukan di masa pandemi.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Teknologi digital yang dikembangankan akan beri konstribusi positif. Semua masyarakat tanpa halangan jarak, kesibukan bisa dengan mudah akses pelayanan kesehatan dan menanyakan ke dokter tentang hal-hal yang dikeluhkan," bebernya.

Senada, Wakil Menteri Kesehatan, dr. Dante Harbuwono, menuturkan bahwa dunia digital berkembang menjadi lebih baik sehingga mempermudah akses pelayanan kesehatan. Apalagi, sudah makin banyak aplikasi telemedicine yang memberikan pelayanan konsultasi dengan dokter-dokter yang berkualitas baik.

"Model telemedicine akan berkembang dan pengobatan lebih praktis dan modern. Akses masyarakat ke dokter lebih baik," ungkap Dante.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya