COVID-19 Disebut Bakal Jadi Endemik, Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi jaga jarak/virus corona/COVID-19.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Meski vaksin COVID-19 sudah mulai diberikan di berbagai negara di dunia, namun para ahli menyebut bahwa penyakit ini kemungkinan bisa menjadi endemik. Pakar penyakit menular terkemuka AS, Dr. Anthony Fauci pun berpendapat bahwa COVID-19 akan hilang dalam beberapa tahun ke depan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

“Kita perlu merencanakan bahwa ini adalah sesuatu yang perlu kita pertahankan secara terus menerus. Ini bisa menjadi sesuatu yang endemik, yang harus kita waspadai, ”ujarnya.

Jadi, apa itu penyakit endemik dan bagaimana COVID-19 menjadi salah satunya? Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mendefinisikan endemik sebagai "keberadaan konstan dan/atau prevalensi biasa" dari suatu penyakit dalam suatu populasi di wilayah geografis tertentu.

Cuan Banget, Inilah Kenapa Live Selling Disarankan Buat Para Penjual Online

Penyakit endemik menyebar pada tingkat dasar setiap tahun tanpa menyebabkan gangguan besar pada kehidupan masyarakat, kata Dr. Donald Burke, profesor epidemiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Pittsburgh.

“Hal-hal yang endemik hadir dalam jangka waktu lama tanpa henti, terus beredar di masyarakat, seperti flu biasa,” ujarnya dikutip laman USA Today.

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Suatu penyakit dapat menjadi endemik di sebuah negara tetapi juga dapat dianggap sebagai suatu wabah atau epidemi di negara lain, kata Dr. Pritish Tosh, seorang dokter dan peneliti penyakit menular di Mayo Clinic. Misalnya, malaria dianggap endemik di beberapa bagian dunia di mana parasitnya berasal atau dibawa oleh nyamuk. Namun, sejumlah besar kasus malaria di Amerika Serikat akan dianggap sebagai epidemi jika tidak ditangani sama sekali.

Perbedaan Epidemi dan Endemik

Epidemi adalah peningkatan penyakit secara tiba-tiba di atas apa yang biasanya diharapkan di antara populasi di daerah tertentu, menurut CDC. Epidemi tidak hanya disebabkan oleh penyakit yang disebabkan oleh virus atau bakteri, kata badan tersebut. Misalnya, diabetes dan obesitas ada dalam proporsi yang cukup besar di AS untuk dianggap sebagai epidemi.

Bagian dari kata "epi" berarti "berada di atas", kata Burke, dan "demic" berasal dari "demos", yang berarti "orang". “Epidemi artinya sesuatu yang keluar dan ada di antara masyarakat,” ujarnya. “Hal-hal yang menjadi epidemi adalah hal-hal yang tidak biasa yang tidak ada dan kemudian muncul.”

Sedangkan jika Endemik berarti, "sesuatu yang ada di dalam masyarakat," tambahnya. Banyak epidemi telah berubah menjadi endemik. Tetapi, penyakit endemik tidak selalu berarti akan ada selamanya.

Dapatkah COVID-19 menjadi endemik?

Kemungkinan SARS-CoV-2 akan tetap ada, kata para ahli kesehatan. “Tampaknya virus ini kemungkinan akan tetap endemik di beberapa populasi setidaknya untuk beberapa tahun, mungkin tanpa batas,” kata Tosh.

Sebuah studi pada bulan Januari menemukan bahwa virus tersebut dapat ke dalam barisan penyebab flu ringan virus korona manusia dalam jangka panjang, menurut para ilmuwan Universitas Emory dan Penn State University.

Model yang diterbitkan dalam jurnal peer-review, Science, membandingkan SARS-CoV-2 dengan empat virus corona flu biasa ditambah virus SARS dan MERS, yang muncul masing-masing pada tahun 2003 dan 2012.

Para peneliti menentukan dari model tersebut bahwa jika virus corona terus beredar di populasi umum dan kebanyakan orang terpapar sejak masa kanak-kanak, itu dapat ditambahkan ke daftar flu biasa. Namun, masa depan virus corona bergantung pada banyak hal yang tidak diketahui, kata para ahli.

Sementara itu ada varian baru dari Inggris dan Afrika Selatan, yang menurut penelitian mungkin lebih menular, ditemukan di pejabat Kesehatan AS yang lebih mengkhawatirkan varian Afrika Selatan, karena data yang muncul menunjukkan vaksin COVID-19 yang ada tampaknya kurang efektif.

Tosh mengharapkan lebih banyak lagi varian muncul karena kekebalan yang meningkat dan vaksin memaksa virus corona untuk bermutasi.

"Akan sulit untuk memproyeksikan seperti apa ini lima tahun dari sekarang," katanya. "Tapi saya pikir kita dapat mengantisipasi semacam endemisitas COVID-19 selama beberapa tahun ke depan."

Laporan: Aufa Prasya Namyra

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya